Foto Saya
Muhamad Ali Saifudin
Guru Bahasa Inggris SMKN Darul Ulum Muncar, Menginspirasi Guru, Memotivasi Siswa, Mencintai Cinta. Dari Ujung Timur Pulau Jawa, Wringinputih Muncar Banyuwangi.
Lihat profil lengkapku

Selamat Datang di Weblog Muhamad Ali Saifudin *)

Penulis berusaha menyajikan berbagai informasi tentang Pendidikan, Belajar Bahasa Inggris, Informasi SMK, NUPTK, Sertifikasi Guru, Wisata, Tips dan Trik. Motto Penulis "Yang Abadi adalah Perubahan dan yang Pasti adalah Ketidakpastian, Siapa yang tidak Berani Berubah tidak akan Memiliki Kepastian".

Copy Paste artikel Tips Trik Wisata Belajar Pidato Bahasa Inggris SMK dalam blog ini boleh asal:

1). Memuat nama penulis Muhamad Ali Saifudin.
2). Menyertakan alamat http://muhamadalisaifudin.blogspot.com ke sumber artikel yang ditulis
.
3). Kritik dan Saran Tips Trik Wisata Belajar Pidato Bahasa Inggris SMK Klik Disini
*) Muhamad Ali Saifudin tinggal di http://muhamadalisaifudin.blogspot.com

Sabtu, 31 Juli 2010

Pertemuan Wali Murid SMKN Darul Ulum Muncar

. Sabtu, 31 Juli 2010
0 komentar
Pertemuan Wali Murid SMK Negeri Darul Ulum Muncar Tahun Pelajaran 2010/ 2011
Oleh Muhamad Ali Saifudin *)

Wringinputih Muncar
- Pagi ini cuaca agak sedikit kurang bersahabat dengan SMK Negeri Darul Ulum Muncar. Awan bergelayutan seolah olah melambaikan tangannya untuk menyambut pagi nan redup. Hari ini Sabtu, 31 Juli 2010, SMK Negeri Darul Ulum punya acara rutin setiap awal tahun pelajaran baru, yakni pertemuan wali murid SMK Negeri Darul Ulum Muncar mulai dari kelas X, kelas XI, dan kelas XII. Acara Pertemuan Wali Murid SMK Negeri Darul Ulum Muncar akan dilaksanakan di halaman SMKN Darul Ulum Muncar, yang sebelumnya acara Pertemuan Wali Murid SMKNDU Muncar dilaksanakan di Gedung F Bengkel SMKN Darul Ulum Muncar. Namun karena Gedung F Bengkel SMKN Darul Ulum digunakan sebagai tempat Kegiatan Belajar Mengajar, mengingat ruang kelas tahun pelajaran 2010/ 2011 masih kurang. Pertemuan Wali Murid tersebut akan dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu untuk Pertemuan Wali Murid kelas XII dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB, Kelas XI dimulai pukul 10.00 WIB dan kelas X dimulai pukul 11.30 WIB.

Agenda yang telah disiapkan oleh Wakasek Humas SMKN Darul Ulum Muncar, Bapak Subiyantoro, A.Pi untuk masing masing kelas dibedakan berdasarkan atas kebutuhan masing masing siswa. Untuk Kelas XII yang akan dibahas bersama Komite Sekolah SMKN Darul Ulum berkenaan dengan Ujian Nasional, Bimbingan Belajar, Tugas Akhir, PHBI dan PHBN, Kegiatan Sekolah dan lain lain. Sementara untuk kelas XI yang dibahas bersama dengan pihak Komite Sekolah SMK Negeri Darul Ulum adalah Persiapan Prakerin, Biaya Prakerin dan Jadwal Prakerin, PHBI dan PHBN, Kegiatan Sekolah dan lain lain. Sedangkan agenda untuk kelas X SMKN Darul Ulum Muncar adalah Penyediaan Seragam Sekolah termasuk kaos olahraga, PHBI dan PHBN, Atribut Sekolah, Buku Siswa dan Kegiatan Sekolah dan lain lain.

Acara rutin setiap tahun yang dilaksanakan oleh Komite Sekolah dan pihak manajemen SMK Negeri Darul Ulum Muncar sebenarnya adalah untuk menjembatani antara pihak Komite Sekolah SMK Negeri Darul Ulum Muncar dengan pihak Penyelenggara Pendidikan yakni SMK Negeri Darul Ulum Muncar yang berhubungan dengan kebutuhan Peserta Didik baik itu mengenai Kebutuhan Pokok proses belajar mengajar, maupun kebutuhan pendukung lain demi kelancaran proses belajar mengajar.

Antusiasme para Wali Murid SMKNDU Muncar yang datang untuk Pertemuan Wali Murid terlihat dari jumlah kursi yang disediakan oleh Panitia. Para Wali Murid Kelas XII, Kelasa XI dan Kelas X yang hadir hampir 100%. Hal ini menunjukkan kepedulian Para Wali Murid SMKN Darul Ulum Muncar. Semoga kehadiran para Wali Murid pada pertemuan hari ini menjadi awal kebangkitan SMKN Darul Ulum Muncar dan menjadi sinergi antara pihak Wali Murid dan Manajemen SMKN Darul Ulum Muncar.

Dalam acara pertemuan wali murid SMKN Darul Ulum Muncar yang dipandu langsung oleh Kepala Sekolah SMKNDU Muncar, Bapak Drs. Achmad Chusairi yang didampingi oleh Wakasek Kurikulum, Bapak Irfan, S.Pd, Wakasek Kesiswaan, Bapak Subawat, S.Pd, Kepala Kompetensi Keahlian TKR,Bapak Taufik Didik, ST, M.Pd, Kepala Kompetensi Keahlian TKJ, Bapak Imron Rosyadi, ST, Kepala Kompetensi Keahlian TPI, Bapak Haris Firdaus, ST dan Kepala Kompetensi Busana Butik BB yang diwakili oleh Ibu Hijrotul Mumtazati, ST dan Komite Sekolah yang diwakili oleh Bapak Drs. Jumari, serta "seperti biasa" Penulis menjadi Pembawa Acara alam acara tersebut juga menjadi ajang untuk berbagi "sharing", baik masukan maupun kritikan mengenai Kegiatan Belajar Mengajar. Hal ini tentunya demi kemajuan SMK Negeri Darul Ulum Muncar.

Berikut hasil Kesepakatan antara pihak Komite Sekolah SMKN Darul Ulum Muncar dan Pihak Manajemen SMKN Darul Ulum Muncar pada Pertemuan Wali Murid SMK Negeri Darul Ulum Muncar hari Sabtu, 31 Juli 2010:
  1. Hasil Pertemuan Wali Murid Kelas XII/ Kelas 3 SMKN Darul Ulum Muncar silakan lihat disini.
  2. Hasil Pertemuan Wali Murid Kelas XI / Kelas 2 SMKN Darul Ulum Muncar silakan lihat disini.
  3. Hasil Pertemuan Wali Murid Kelas X  / Kelas 1 SMKN Darul Ulum Muncar silakan lihat disini.

*) tinggal di http://muhamadalisaifudin.blogspot.com
Foto by http://fotoalisaifudin.blogspot.com
Read More... Pertemuan Wali Murid SMKN Darul Ulum Muncar

Hasil Pertemuan Wali Murid Kelas XI / 2 SMKN Darul Ulum

.
0 komentar
Hasil Pertemuan Wali Murid Kelas XI/ Kelas 2 SMK Negeri Darul Ulum Muncar Banyuwangi Tahun Pelajaran 2010/ 2011  pada Sabtu, 31 Juli 2010 di Gedung F Bengkel SMKNDU Muncar
Oleh Muhamad Ali Saifudin *)

Agenda Prakerin SMK Negeri Darul Ulum Muncar Tahun Pelajaran 2010/ 2011.
Program Prakerin di SMK Negeri Darul Ulum Muncar berhubungan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI) ada 3 kategori:
1. Siswa Prakerin mencari tempat Prakerin pada Dunia Usaha/ Dunia Industri (DU/DI) untuk ditempati Prakerin (Kategori Mandiri).
2. Siswa Prakerin ditempatkan oleh Pihak Sekolah (Panitia Prakerin) pada Dunia Usaha/ Dunia Industri (DU/DI) yang sudah mengadakan MoU (Kesepakatan) dengan pihak sekolah. Siswa yang Prakerin adalah siswa yang berprestasi dan pilihan. (Kategori Pilihan)
3. Apabila siswa yang akan Prakerin tidak mendapat tempat untuk Prakerin, maka pihak Sekolah (Panitia Prakerin) yang akan mencarikan dan menempatkan siswa Prakerin. (Kategori Darurat).

Agenda dan Kegiatan Praktek Kerja Industri
1. Kompetensi Keahlian yang akan berangkat Prakerin SMK Negeri Darul Ulum Muncar Tahun Pelajarn 2010/ 2011 yaitu Kompetensi Keahlian TKR, Kompetensi Keahlian TKJ, Kompetensi Keahlian TPI dan Kompetensi Keahlian TBB.
2. Waktu Pelaksanaan: Kompetensi Keahlian TKR selama 14 Minggu, Kompetensi Keahlian TKJ selama 14 Minggu, Kompetensi Keahlian TPI selama minimal 4 Bulan dan Kompetensi Keahlian Busana Butik selama 14 Minggu.
3. Gelombang Pelaksanaan Prakerin: Gelombang 1 mulai tanggal 5 Agustus 2010 s.d. 13 Nopember 2010 untuk Kompetensi Keahlian Busana Butik. Gelombang 2 mulai tanggal 15 Nopember 2010 s.d. 26 Februari 2011.
4. Penentuan Tempat Prakerin: a). Atas Persetujuan Orangtua/ Wali Murid, b). Prakerin sesuai dengan Kompetensi Keahlian/ Jurusan, c). Kehadiran siswa Prakerin 90%.

 *) Muhamad Ali Saifudin tinggal di http://muhamadalisaifudin.blogspot.com
Read More... Hasil Pertemuan Wali Murid Kelas XI / 2 SMKN Darul Ulum

Hasil Pertemuan Wali Murid Kelas XII / 3 SMKN Darul Ulum

.
0 komentar
Hasil Pertemuan Wali Murid Kelas XII/ Kelas 3 Tahun Pelajaran 2010/ 2011 SMK Negeri Darul Ulum Muncar Banyuwangi pada Sabtu, 31 Juli 2010 di Gedung F Bengkel SMKNDU Muncar

Jadwal dan Agenda Kegiatan Kelas XII/ Kelas 3 SMK Negeri Darul Ulum Muncar tahun Pelajaran 2010/ 2011:
1. Nominasi Ujian Nasional Bulan Agustus - September
2. Bimbingan Belajar Kelas XII/ Kelas 3 Bulan Nopember 2010
3. Semester Ganjil Bulan Desember 2010
4. Uji Kompetensi Kejuruan Bulan Februari 2011
5. Ujian Nasional Bulan Maret 2011
6. Ujian Praktek Sekolah Bulan Maret 2011
7. Ujian Sekolah Bulan April 2010
8. Pengumuman Ujian Nasional Utama Bulan April 2011
9. Ujian Ulang Bulan Mei 2011
10. Pengumuman Ujian Ulang Bulan Mei 2011

Syarat Kelulusan SMK Negeri Darul Ulum Muncar
1. Lulus Ujian Nasional 2011
2. Lulus Ujian Sekolah 2011
3. Lulus Uji Praktek Kompetensi Keahlian 2011
4. Lulus Uji Tulis Kompetensi Keahlian 2011
5. Lulus Mata Diklat/ Kompetensi Jurusan Semester 1,2,3,4,5,6
6. Lulus Akademis dan Non Akademis Semester 1,2,3,4,5,6.

Oleh Muhamad Ali Saifudin
tinggal di http://muhamadalisaifudin.blogspot.com
Sumber: Pertemuan Wali Murid SMK Negeri Darul Ulum
Read More... Hasil Pertemuan Wali Murid Kelas XII / 3 SMKN Darul Ulum

Kamis, 29 Juli 2010

Revisi Penginapan Plpg Tahap 5 Rayon 16 Unej

. Kamis, 29 Juli 2010
0 komentar
REVISI PENGINAPAN PESERTA PLPG TAHAP 5 RAYON 16 UNIVERSITAS JEMBER

Peserta berikut ini, penginapan untuk PLPG tahap 5 direvisi dari hotel Jember Indah menjadi Graha Bina Insani :

1. Djuni Setyo Rahayu (Lumajang)

2. Dyah Wijayanti (Jember)

3. Rupiatun(Jember)

4. Hikmatul Mufrida (Probolinggo)

Khusus peserta Masriyati SDN Mimbaan 4 Situbondo tempat penginapan di Hotel Kebun Agung.

Demikian harap maklum.

http://www.fkip.unej.ac.id/index.php/pengumuman/179-revisi
Read More... Revisi Penginapan Plpg Tahap 5 Rayon 16 Unej

Rabu, 28 Juli 2010

Peserta Ujian Ulang 1 Plpg Tahap 1 Rayon 16 Unej 2010

. Rabu, 28 Juli 2010
0 komentar
Berikut kami membantu menginformasikan Daftar Nama Peserta Ujian Ulang 1 Plpg Tahap 1 Rayon 16 Unej Jember Dinas Pendidikan Kemendiknas dari: 1) Kabupaten Jember, 2) Kabupaten Bondowoso, 3) Kabupaten Situbondo, 4) Kabupaten Banyuwangi, 5) Kabupaten Lumajang, 6) Kabupaten Probolinggo, 7) Kota Probolinggo yang akan dilaksanakan pada Kamis, 29 Juli 2010 di Rayon 16 Unej Universitas Negeri Jember dengan Ketentuan dan Syarat sebagai berikut:

  1. Bagi Peserta Ujian Ulang 1 Plpg Tahap 1 Unej yang Ujian Ulang Peer Teaching harap membawa RPP, media dan perangkat pembelajaran yang dibutuhkan.
  2. Waktu Pelaksanaan Ujian Ulang 1 Plpg Tahap 1 Unej mulai pukul 08.00 Wib sampai selesai.
  3. Tempat Pelaksanaan Ujian Ulang 1 Plpg Tahap 1 Unje di Gedung 3 FKIP Universitas Jember.
  4. Pelaksanaan Ujian Ulang I Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) 2010 Tahap 1 untuk peserta PLPG Tahap 1 & 2.
  5. Tidak disediakan Penginapan kepada Seluruh Peserta Ujian Ulang 1 Plpg Unej.
  6. Daftar Nama Peserta Ujian Ulang 1 Plpg Tahap 1 silakan download disini.
  7. Undangan Peserta Ujian Ulang 1 Plpg Tahap 1 Unej silakan download disini.

Sumber: Daftar Peserta Ujian Ulang Plpg Unej fkip Jember
Read More... Peserta Ujian Ulang 1 Plpg Tahap 1 Rayon 16 Unej 2010

Penginapan Peserta Plpg Tahap 5 Rayon 16 Unej Jember

.
1 komentar
DAFTAR PENGINAPAN PESERTA PLPG TAHAP 5 RAYON 16 UNIVERSITAS JEMBER.

Berikut ini adalah Daftar Penginapan Peserta Plpg Unej Tahap 5 Rayon 16 Universitas Jember Jatim. Untuk Tempat Penginapan Peserta Plpg Tahap 5 Universitas Jember mulai tanggal 31 Juli 2010 s.d. 8 Agustus 2010 silakan download disini.

Bagi yang menginap, masuk penginapan tanggal 30 Juli 2010 Pukul 16.00 WIB di penginapan yang ditentukan (saat masuk penginapan belum ada konsumsi)

Contact Person : Drs. Mohammad Arham (08124906496)
Alamat Penginapan
1. Hotel Jember Indah : Jl Mujair 2 , Sukorambi Jember Telp. (0331)487833; 487888
2. Hotel Anugerah : Jl Trunojoyo V/68, Telp (0331)487272; 4813285
3. Graha Bina Insani : Jl Mastrip, Jember
4. Penginapan MAN I : Jl Imam Bonjol 50, Jember, Telp (0331)427788
5. Hotel Kartika : Jl. Trunojoyo 91, Jember, Telp(0331) 421057; 487763
6. Hotel Kebon Agung : Jl. Arowana 59, Jember, Telp. (0331)485157; 424472

Sumber: Daftar Penginapan Plpg Unej Tahap 5 Rayon 16 Universitas Jember Jatim
Read More... Penginapan Peserta Plpg Tahap 5 Rayon 16 Unej Jember

Visi dan Misi SMKN Darul Ulum Muncar

.
0 komentar
VISI

“Menjadi SMK yang unggul dan bermutu tinggi yang beroreintasi ke masadepan, bertumpu pada peningkatan iman kepada Allah SWT, terdidik untuk mandiri berdasarkan Imtaq dan akhlaqul karimah”

MISI

  1. Menumbuhkembangkan penghayatan dan pengamalan ajaran agamanya sehingga mampu menjadi generasi yang berilmu amaliyah dan beramal ilmiah serta mampu menjadi suri tauladan bagi kehidupan berbangsa, bernegara dan beragama.
  2. Menumbuhkembangkan semangat kemandirian dan tindakan yang mencerminkan akhlaqul karimah kepada seluruh civitas akademika sekolah.
  3. Membina dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi dirinya dan dapat mengembangkan dirinya secara optimal.
  4. Melaksanakan sistem pembelajaran dan bimbingan secara efektif dan efisien yang dilengkapi dengan sarana dan prasana yang memadai sehingga kemampuan dan skill siswa bisa berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
  5. Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh civitas akademika sekolah dan kelompok masyarakat terkait (stickholder).
  6. Mewujudkan sistem dan iklim pendidikan yang demokratis dan bermutu guna, memperteguh akhlaq mulia, kreatif, berdisiplin dan bertanggungjawab, berketrampilan serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka meningkatkan kualitas manusia Indonesia seutuhnya.
  7. Mewujudkan kehidupan sosial dan budaya yang berkepribadian, dinamis, kreatif dan berdaya tahan terhadap pengaruh globalisasi pada seluruh civitas akademika sekolah.
 Sumber: SMK Negeri Darul Ulum Muncar
Read More... Visi dan Misi SMKN Darul Ulum Muncar

Tugas Wali Kelas SMKNDU Muncar Tahun Pelajaran 2010/ 2011

.
0 komentar
Sesuai dengan Keputusan Kepala Sekolah SMK Negeri Darul Ulum Muncar Banyuwangi pada Rapat Koordinasi Guru dan Tugas Tambahan Guru pada Sabtu, 17 Juli 2010 berikut Penulis informasikan Jabatan Wali Kelas SMK Negeri Darul Ulum Muncar Tahun Pelajaran 2010-2011

Surat Keputusan Kepala Sekolah SMK Negeri Darul Ulum Muncar
Nomor 800/ 429.245.34/2010 tanggal 7 Juli 2010
Tentang Daftar Pembagian Guru dalam Tugas Wali Kelas
Tahun Pelajaran 2010/ 2011

NoNamaStatusWali Kelas
1M. Bahrudin, S.PdGTTWali Kelas X TKR 1
2Suryo Nugroho, ST, M.PdGTTWali Kelas X TKR 2
3Moh. Ridwan, S.PdPNSWali Kelas X TPI
4Zuhriyah, S.PdPNSWali Kelas X TKJ 1
5Saiful Bahri, S.PdPNSWali Kelas X TKJ 2
6Poniyah, S.PdPNSWali Kelas X BB 1
7Upik Nurseha, A.MdPNSWali Kelas X BB 2
8Dicky Dian SaputraGTTWali Kelas XI TKR 1
9Muhamad Nur SodikGTTWali Kelas XI TKR 2
10Sutarti, S.PdPNSWali Kelas XI TKR 3
11Hendro Subiyantoro, S.PdGTTWali Kelas XI TPI
12Azizatun Nihayah, S.PdGTTWali Kelas XI TKJ 1
13Katmonah, S.PdGTTWali Kelas XI TKJ 2
14Tutik Erwiyani, S.PdPNSWali Kelas XI BB
15Drs. KliwonPNSWali Kelas XII TKR 1
16Ali ArifinGTTWali Kelas XII TKR 2
17Titik TriyaningsihGTTWali Kelas XII TKR 3
18Edy Bhakti, STGTTWali Kelas XII TKJ 1
19M. Tamim FauzanGTTWali Kelas XII TKJ 2
20Ahmad LutfiGTTWali Kelas XII TKJ 3
21Eni Kurniasih, S.PdPNSWali Kelas XII TPI
22Dra. SumiatiPNSWali Kelas XII BB 1
23Hijrotul Mumtazati, S.PdPNSWali Kelas XII BB 2

Kepala Sekolah
SMK Negeri Darul Ulum Muncar

Drs. Achmad Chusairi
NIP 19550605 198003 1 017

Untuk Pembagian Tugas dan Jabatan Struktural SMKN Darul Ulum Tahun Pelajaran 2010/ 2010 silakan lihat disini.

Ditulis oleh Muhamad Ali Saifudin tinggal di http://muhamadalisaifudin.blogspot.com
Sumber: Wakasek Kurikulum SMK Negeri Darul Ulum Muncar
Read More... Tugas Wali Kelas SMKNDU Muncar Tahun Pelajaran 2010/ 2011

Selasa, 27 Juli 2010

Tema dan Logo Hut Ri ke 65

. Selasa, 27 Juli 2010
0 komentar
Tema HUT RI ke-65 (17 Agustus 2010) kali ini adalah, “DENGAN SEMANGAT PROKLAMASI 17 AGUSTUS 1945. KITA SUKSESKAN REFORMASI GELOMBANG KEDUA. UNTUK TERWUJUDNYA KEHIDUPAN BERBANGSA YANG MAKIN SEJAHTERA, MAKIN DEMOKRATIS DAN MAKIN BERKEADILAN.”

Silakan yang mau pasang di blognya masing-masing (blogspot, wordpress.com, wordpress.org, multiply, friendster profile, friendster blog, dagdigdug, blogdetik, dll), kode/tag html nya sudah saya sediakan seperti tahun yang lalu, tinggal dicopy-paste saja boss :)


Logo HUT RI ke-65


sumber: http://hakimtea.net/tema-dan-logo-hut-ri-ke-65-original/
Read More... Tema dan Logo Hut Ri ke 65

Senin, 19 Juli 2010

Pembagian Tugas Jabatan SMKN DU Muncar 2010-2011

. Senin, 19 Juli 2010
0 komentar
Sesuai dengan Keputusan Kepala Sekolah SMK Negeri Darul Ulum Muncar Banyuwangi pada Rapat Koordinasi Guru dan Tugas Tambahan Guru pada Sabtu, 17 Juli 2010 berikut Penulis informasikan Jabatan Fungsional SMK Negeri Darul Ulum Muncar Tahun Pelajaran 2010-2011

Surat Keputusan Kepala Sekolah SMK Negeri Darul Ulum Muncar
Nomor 800/ 429.245.34/2010 tanggal 7 Juli 2010
Tentang Daftar Pembagian Tugas Dalam Jabatan
Tahun Pelajaran 2010/ 2011

NoNamaStatusJabatan
1Drs. Achmad ChusairiPNSKepala Sekolah
2Irfan, S.PdPNSWakasek Kurikulum
3Subawat, S.PdGTTWakasek Kesiswaan
4Subiyantoro, A.PiPNSWakasek Humas
5Drs. SuryonoPNSWakasek Sarpras
6SariyonoPNSKepala TU
7Dra. Isnaini NurdianaPNSBendahara Gaji PNS
8Suhariyanto, S.PdPNSBendahara BOMM/BKSM
9Muhammad Maliki, S.PdGTTBendahara Komite
10Taufik Didin S, ST, M.PdGTTKa. Kompetensi Kendaraan Ringan
11Imron Rosyadi, STGTTKa. Kompetensi Tek. Komputer Jaringan
12Haris Firdaus, STGTTKa. Kompetensi Tek. Kapal Penangkap Ikan
13Yeni Priatnawati, A.Md.GTTKa. Kompetensi Busana Butik
14M. Ali Saifudin, M.PdPNSKoor. Persiapan Sertifikasi ISO
15Sri Nurhikmah, S.PdPNSKoor. Guru BP-BK
16Drs. SyaiinPNSKoor. Tim Ketertiban
17Husnul RatomiGTTKetua Pokja Prakerin
18Muali Dwi Hariyanto, S.PdPNSPembina OSIS
19Moh. Ridwan, S.PdPNSPembina Pramuka
20No NameNo StatusPembina English Club
21Dwi Yuni Listyanto, S.PdGTTPembina Kesenian
22Drs. KliwonPNSPembina Olahraga
23Dra. SukatiPNSPembina UKS
24Helmi Abadi, S.PdGTTPembina Hortikultura

Kepala Sekolah
SMK Negeri Darul Ulum Muncar

Drs. Achmad Chusairi
NIP 19550605 198003 1 017

Untuk Pembagian Tugas Wali Kelas SMK Negeri Darul Ulum Muncar silakan lihat disini.

Ditulis oleh Muhamad Ali Saifudin tinggal di http://muhamadalisaifudin.blogspot.com
Sumber: Wakasek Kurikulum SMK Negeri Darul Ulum Muncar
Read More... Pembagian Tugas Jabatan SMKN DU Muncar 2010-2011

Sabtu, 17 Juli 2010

Seminar Nasional di Pesantren Manbaul Uluum Muncar

. Sabtu, 17 Juli 2010
3 komentar
Wringinputih,Sabtu, 17 Juli 2010
Seminar Nasional di Pesantren Manbaul Uluum Berasan

Seminar Nasional tentang Pendidikan hari ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Manbaul Uluum Berasan Wringinputih Muncar Banyuwangi. Seminar ini dilaksanakan bersamaan dengan kedatangan Menteri Pendidikan Nasional Bapak Muhammad Nuh yang rencananya akan membuka dan memberi materi tentang Pendidikan yang bertema Membangun Pendidikan Karakter yang Bermoral dan Religius.
-Oleh Muhamad Ali Saifudin SMK Negeri Darul Ulum Muncar

Hari ini ada acara khusus yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Manbaul Uluum Berasan Wringinputih Muncar Banyuwangi, Acara tersebut adalah Seminar Nasional yang sebenarnya harus dihadiri oleh Menteri Pendidikan Nasional Bapak Muhammad Nuh, karena ada suatu hal Bapak Menteri Pendidikan Nasional, Muhammad Nuh tidak bisa hadir pada acara Seminar Nasional tersebut ibu dari Bapak Muhammad Nuh sedang dirawat di rumah sakit Gresik. Maka acara Seminar Nasional tersebut diwakilkan kepada Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banyuwangi, Bapak Drs. Sulihtiyono, MM, akan tetapi karena beliau berhalangan hadir karena ibu mertua dari Bapak Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banyuwangi, Bapak Drs. Sulihtiyono, MM meninggal di Jember sehingga kehadiran beliau akhirnya diwakilkan kepada Kabid Dikmen, Bapak Drs. Catur Pamarto, M.Pd.

Acara Seminar Nasional ini terselenggara berkat kerjasama Lembaga Pendidikan Ma'arif Cabang Banyuwangi dengan Pondok Pesantren Manbaul Uluum Berasan Wringinputih Muncar Banyuwangi. Acara tersebut dibuka langsung oleh Bapak Wakil Bupati Banyuwangi, Bapak Agus Yusuf Nur Iskandar,SH,MH, mewakili Ibu Bupati Banyuwangi Ratna Ani Lestari, SH, MM. Acara Seminar yang diadakan di Pondok Pesantren Manbaul Uluum Berasan Wringinputih Muncar Banyuwangi ini berlangsung secara gayeng dan akrab di Halaman MA/MTs Darul Uluum Berasan Wringinputih Muncar Banyuwangi meskipun para peserta ada beberapa yang agak kecewa karena bapak Menteri Pendidikan Nasional tidak bisa hadir pada acara tersebut.

Dalam sambutannya pada Seminar Nasional yang bertema Membangun Pendidikan Karakter Yang Bermoral dan Religius. Kabid Dikmen, Bapak Drs. Catur Pamarto, M.Pd yang mewakili Menteri Pendidikan sekaligus mewakili Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga yang tidak bisa hadir pada acara Seminar Nasional tersebut memberikan arahan dan kebijakan berkenaan dengan arah pendidikan di Banyuwangi khususnya dan Indonesia secara ulum. Menurut Bapak Catur Pamarto ada 2 Indikator pembeda orang yang terdidik (educated person) dan orang yang tidak terdidik (uneducated person) yaitu
1.Karakter orang terdidik (Educated Person), ketika ada persoalan atau masalah yang sedang dihadapi oleh orang yang terdidik (educated people) mereka akan mengatakan" Bagaimana cara memecahkan masalah ini"? dalam Bahasa Inggrisnya "How to solve this problem"?. Suatu contoh ketika anak didik di sekolah tidak bisa membayar biaya semester atau biaya lain yang harus dipenuhi bukan berarti si anak didik tidak bisa mengikuti ujian karena tidak bisa melunasi biaya. Tetapi bagaimana si anak didik bisa mengikuti ujian semester dan kenapa tidak bisa melunasi biaya ujian semester. Mencari solusi adalah sebuah jalan keluar yang terbaik bukan menambah masalah yang harus dihadapi oleh si anak didik.
2. Karakter orang yang tidak terdidik (Uneducated Person), ketika ada persoalan atau masalah yang sedang dihadapi oleh orang yang tidak terdidik (Uneducated Person), mereka akan mengatakan "Bagaimana cara menciptakan atau menambah masalah"? dalam Bahasa Inggrisnya "How to create this problem"?. Bagaimana sebuah persoalan itu menjadi persoalan persoalan baru yang akhirnya dapat menyulitkan si anak didik dalam berbagai hal, terutama yang berhubungan dengan proses belajar mengajar di sekolah. Oleh Muhamad Ali Saifudin tinggal di http://muhamadalisaifudin.blogspot.com
Read More... Seminar Nasional di Pesantren Manbaul Uluum Muncar

Kabid Dikmen Banyuwangi di SMKN Darul Ulum Muncar

.
0 komentar
Wringinputih Muncar, Sabtu, 17 JUli 2010
Kabid Dikmen Dispendikpora Banyuwangi hadir di SMK Negeri Darul Ulum Muncar

Hari ini tanpa diduga dan dinyana oleh para civitas akademika SMK Negeri Darul Ulum Muncar (SMKNDU Muncar) kedatangan tamu istimewa dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banyuwangi, Bapak Drs. Catur Pamarto, M.Pd. Kedatangan beliau ternyata dalam rangka untuk menyambut kedatangan Menteri Pendidikan Nasional, Bapak Muhammad Nuh yang rencananya akan hadir di Pondok Pesantren Manbaul Uluum untuk menjadi nara sumber dalam Seminar Nasional yang bertema Membangun Pendidikan Karakter yang Bermoral dan Religius. Sebelum Kabid Dikmen Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispendikpora Banyuwangi), Bapak Drs. Catur Pamarto, M.Pd menghadiri acara Seminar Nasional tersebut beliau sempatkan diri untuk hadir ditengah tengah Bapak Ibu Guru SMK Negeri Darul Ulum Muncar (SMKNDU Muncar) dengan mengadakan pertemuan atau tatap muka di Gedung A2 SMK Negeri Darul Ulum Muncar (SMKNDU Muncar) yang langsung dipimpin oleh Kepala Sekolah SMK Negeri Darul Ulum Muncar (SMKNDU Muncar) Bapak Drs. Achmad Chusairi yang baru menjabat menjadi Kepala Sekolah SMK Negeri Darul Ulum Muncar (SMKNDU Muncar) tertanggal 1 Mei 2010.

Dengan sangat antusias Bapak Ibu Guru SMK Negeri Darul Ulum Muncar (SMKNDU Muncar) mendengarkan wejangan dan nasehat serta motivasi yang disampaikan oleh Kabid Dikmen Bapak Drs. Catur Pamarto, M.Pd dengan penuh suasana akrab dan merakyat. Seperti biasa dengan gaya yang gayeng dan santai Kabid Dikmen Dispendikpora Banyuwangi Bapak Drs. Catur Pamarto, M.Pd memberikan motivasi dan nasehat yang tentunya menjadi senjata utama bagi para Bapak Ibu Guru di SMK Negeri Darul Ulum Muncar yang akan mengangarungi Tahun Pelajaran baru 2010-2011. Pertemuan tersebut merupakan momen yang tepat bagi SMK Negeri Darul Ulum Muncar (SMKNDU MUncar) sebagai amunisi baru untuk persiapan proses Kegiatan Belajar Mengajar Tahun Pelajaran 2010-2011.

Dalam sambutan Kabid Dikmen Dispendikpora Banyuwangi, Bapak Drs. Catur Pamarto, M.Pd memberikan beberapa wejangan diantaranya "Sebagai Guru yang profesional harus selalu berinovasi dengan cara dan metode baru yang selalu update dengan tidak meninggalkan metode lama yang memang dirasa sudah baik". "Kemajuan pendidikan di Banyuwangi harus dimulai dari Ujung Timur, yakni dimulai dari Muncar yang notabene kota yang dimana segala galanya ada, terutama Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat melimpah baik yang ada di darat apalagi lautnya yang merupakan kota ikan terbesar di Indonesia serta Sumber Daya Manusia (SDM) yang banyak berkecimpung di Dunia Pendidikan Banyuwangi maupun Nasional. Maka dengan lengkapnya Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) maka orang orang Muncarlah yang akan mempelopori majunya pendidikan di Banyuwangi dan Indonesia".imbuh Beliau.

Kabid Dikmen Dispendikpora Banyuwangi Bapak Drs. Catur Pamarto, M.Pd menambahkan bahwa sebagai Pendidik yang profesional harus mencurahkan semua tenaga dan pikiran untuk pendidikan serta untuk anak didiknya. Bukannya pendidikan dan anak didik sebagai "the second" atau menjadi yang yang kedua dalam pikiran para pendidik. Beliau juga menambahkan sebagai Pendidik Profesional " Kita harus bergerak cepat mengikuti perkembangan jaman yang begitu pesat,apalagi dengan hadirnya teknologi informasi terutama dengan adanya internet yang sudah ada dimana mana tanpa meninggalkan norma norma serta tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) sebagai seorang guru atau Pendidik", tambah beliau dengan penuh harap. Menurut Bill Gates, Chairman of Microsoft Corp. " Internet akan menyapu kita seperti sebuah gelombang pasang yang akan menenggelamkan setiap orang yang dilewatinya yang tidak siap untuk hidup dalam sebuah masyarakat informasi".

Setelah Kabid Dikmen Dispendikpora Banyuwangi Bapak Drs. Catur Pamarto, M.Pd memberikan sambutan pada pertemuan Bapak Ibu Guru SMK Negeri Darul Ulum Muncar (SMKNDU Muncar), beliau didampingi oleh Kepala Sekolah SMK Negeri Darul Ulum Muncar (SMKNDU Muncar), Bapak Drs. Achmad Chusairi serta beberapa Bapak Ibu Guru SMK Negeri Darul Ulum Muncar (SMKNDU Muncar) termasuk Penulis tentunya,langsung menuju lokasi tempat pelaksanaan Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan Ma'arif (LP Maarif) Cabang Banyuwangi bekerjasama dengan Pondok Pesantren Manbaul Ulum Berasan Wringinputih Muncar yang bertempat di Halaman MA-Mts Darul Uluum Berasan Wringinputih Muncar.

Harapan Penulis semoga kedatangan Menteri Pendidikan Nasional di Pondok Pesantren Manbaul Uluum Berasan Wringinputih Muncar memberikan secercah harapan berkenaan dengan kemajuan pendidikan di Banyuwangi dan Indonesia. Oleh Muhamad Ali Saifudin tinggal di http://muhamadalisaifudin.blogspot.com
Read More... Kabid Dikmen Banyuwangi di SMKN Darul Ulum Muncar

MOS dan LDDK SMK Negeri Darul Ulum Muncar 2010-2011

.
0 komentar
Wringinputih Muncar, Sabtu, 17 Juli 2010
Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB 2010-2011) SMK Negeri Darul Ulum Muncar Banyuwangi telah dilaksanakan dengan baik dan lancar yang telah dimulai tanggal 1 s.d. 5 Juli 2010. Pada tahun pelajaran 2010-2011 SMK Negeri Darul Ulum Muncar (SMKNDU MUncar) menerima pagu sejumlah 7 rombel yaitu 1).Teknik Kendaraan Ringan (TKR) 2 kelas, 2). Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) 2 kelas, 3). Teknik Kapal Penangkap Ikan (TPI) 1 kelas dan 4). Teknik Busana Butik (BB) 2 kelas. Animo masyarakat untuk masuk ke SMK Negeri Darul Ulum Muncar (SMKNDU Muncar ) pada tahun ini agak sedikit menurun dibanding dengan tahun sebelumnya. Ada apa gerangan?.

Setelah Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2010-2011, maka panitia harus sudah menyiapkan diri untuk pelaksanaan Masa Orientasi Siswa (MOS 2010). Masa Orientasi Siswa (MOS SMKNDU Muncar) dilaksanakan mulai hari Senin, 12 s.d. 15 Juli 2010. Dalam acara Mos SMK Negeri Darul Ulum Muncar (SMKNDU Muncar) yang diketuai oleh Bapak Drs. Suryono sebagai Pembina Osis serta dikoordinatori oleh Bapak Subawat, S.Pd selaku Waka Kesiswaan SMK Negeri Darul Ulum Muncar (SMKNDU Muncar) yang tentunya dibawah penanggungjawab Kepala Sekolah SMK Negeri Darul Ulum Muncar (SMKNDU Muncar) Bapak Drs. Achmad Chusairi diisi dengan berbagai materi wajib yang harus diketahui dan dipahami oleh para Peserta Didik Baru SMK Negeri Darul Ulum Muncar (SMKNDU Muncar). Diantara materi yang disajikan dalam Masa Orientasi Siswa Baru (MOS SMKNDU MUncar) materi Wawasan Wiyata Mandala, Wawasan Kebangsaan, Materi Tata Tertib Siswa serta Pengenalan Kejuruan baik Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ, Teknika Kapal Penangkap Ikan (TPI) dan Teknik Busana Butik (BB).

Rangkaian dari acara Masa Orientasi Siswa (MOS SMKNDU Muncar) setelah tiga hari berlangsung dari Senin, 12 Juli s.d. Kamis, 15 Juli 2010, langsung disambung dengan acara Latihan Dasa Disiplin Korps (LDDK 2010-2011) yang langsung dipandu dan dibina oleh TNI AL Banyuwangi (Lanal Banyuwangi). Acara Latihan Dasar Disiplin Korps (LDDK SMKNDU Muncar) berlangsung mulai hari Jumat dan Sabtu (16 s.d. 17 Juli 2010) bertempat di Lapangan SMK Negeri Darul Ulum Muncar yang dikemas dalam acara Perkemahan Jumat malam Sabtu. Acara LDDK SMKNDU Muncar ini dibantu oleh para anggota Pramuka serta pada Dewan Ambalan Pangkalan SMK Negeri Darul Ulum Muncar.

Ide pertama diadakannya Latihan Dasar Disiplin Korps SMK Negeri Darul Ulum Muncar (LDDK SMKNDU Muncar) muncul pada awal tahun pelajaran 2006-2007 karena melihat para Peserta Didik Baru SMK Negeri Darul Ulum Muncar tingkat kedisiplinannya masih rendah sehingga dengan diadakannya Latihan Dasar Disiplin Korps (LDDK SMKNDU Muncar) tingkat kedisiplinan para Peserta Didik Baru SMK Negeri Darul Ulum Muncar menjadi lebih disiplin dan lebih tertib dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar. Dan hasil dari Latihan Dasar Disiplin Korps (LDDK SMKNDU Muncar) bisa juga berguna dan para Pesera Didik Baru bisa membawa sifat disiplin tidak hanya di sekolah tapi dimanapun mereka berada terutama kelak ketika mereka memasuki dunia kerja.

Latihan Dasar Disiplin Korps Tahun Pelajaran 2010-2011 (LDDK SMKNDU Muncar) diikuti oleh seluruh Peserta Didik Baru SMK Negeri Darul Ulum Muncar dari 4 Kompetensi Keahlian yang ada dengan jumlah 280 siswa serta Pembantu Pembina Pramuka SMK Negeri Darul Ulum Muncar sejumlah 30 Penegak Putra dan Putri yang dipimpin oleh Bapak Muali Dwi H, S.Pd sebagai Pembina Pramuka SMK Negeri Darul Ulum Muncar. Para Pembantu Pembina Pramuka SMK Negeri Darul Ulum Muncar dengan penuh semangat ikut berpartisipasi dan membantu pihak TNI AL Banyuwangi (Lanal Banyuwangi) demi suksesnya acara Latihan Dasar Disiplin Korps Tahun Pelajaran 2010-2011 (LDDK SMKNDU Muncar).

Dalam acara Latihan Dasar Disiplin Korps 2010 di Halaman SMK Negeri Darul Ulum Muncar diisi dengan berbagai materi Disiplin, baik materi PBB, Team Work dan Character Building. Tidak lupa pula pada malam Sabtunya Panitia Latihan Dasar Disiplin Korps (LDDK SMKNDU Muncar) juga mengundang pihak Kepolisian Republik Indonesia Polisi Sektor Muncar untuk memberikan Penyuluhan Tentang Narkoba.

Setelah acara Penyuluhan Tentang Narkoba oleh Polsek Muncar, Panitia LDDK SMKNDU Muncar 2010 sudah menyiapkan acara riang ria dengan diiringi Penyalaan Api Unggun sebagai ciri khas Pramuka. Setelah Penyalaan Api Unggun oleh Panitia dan Pembantu Pembina Pramuka SMK Negeri Darul Ulum dilanjutkan dengan acara Riang Ria yang menampilkan berbagai kreasi seni oleh pada Peserta Perkemahan SMK Negeri Darul Ulum Muncar yang berlangsung sampai menjelang pukul 23:00 WIB.

Pada esok harinya, Sabtu 17 Juli tepat pukul 12:30 WIB Acara LDDK SMKNDU Muncar akhirnya ditutup langsung oleh Kepala Sekolah SMK Negeri Darul Ulum Muncar, Bapak Drs. Achmad Chusairi yang didampingi oleh Anggota TNI AL Banyuwangi, Panitia, Pembantu Pembina Pramuka serta Bapak dan Ibu Guru SMK Negeri Darul Ulum Muncar.
Oleh Muhamad Ali Saifudin tinggal di http://muhamadalisaifudin.blogspot.com
Read More... MOS dan LDDK SMK Negeri Darul Ulum Muncar 2010-2011

Kamis, 15 Juli 2010

Penginapan Peserta Plpg Tahap 4 Rayon 16 Unej Jember

. Kamis, 15 Juli 2010
0 komentar
DAFTAR PENGINAPAN PESERTA PLPG TAHAP 4 RAYON 16 UNIVERSITAS JEMBER.

Berikut ini adalah Daftar Penginapan Peserta Plpg Unej Tahap 4 Rayon 16 Universitas Jember Jatim. Untuk Tempat Penginapan Peserta Plpg Tahap 2 Universitas Jember silakan download disini.

Bagi yang menginap, masuk penginapan tanggal 20 Juli 2010 Pukul 16.00 WIB di penginapan yang ditentukan (saat masuk penginapan belum ada konsumsi)

Contact Person : Drs. Mohammad Arham (08124906496)
Alamat Penginapan
1. Hotel Jember Indah : Jl Mujair 2 , Sukorambi Jember Telp. (0331)487833; 487888
2. Hotel Anugerah : Jl Trunojoyo V/68, Telp (0331)487272; 4813285
3. Graha Bina Insani : Jl Mastrip, Jember
4. Penginapan MAN I : Jl Imam Bonjol 50, Jember, Telp (0331)427788
5. Hotel Kartika : Jl. Trunojoyo 91, Jember, Telp(0331) 421057; 487763
6. Hotel Kebon Agung : Jl. Arowana 59, Jember, Telp. (0331)485157; 424472

Sumber: Daftar Penginapan Plpg Unej Tahap 4 Rayon 16 Universitas Jember Jatim
Read More... Penginapan Peserta Plpg Tahap 4 Rayon 16 Unej Jember

25 Tahun Kereta Wisata Beroperasi di Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi

.
0 komentar
Merinding Masuk Terowongan Tua Sepanjang 1 Km

Kereta Wisata Kalibaru Banyuwangi
Sejak 1985, PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daops IX mengoperasikan kereta wisata. Rute yang dilewati adalah perkebunan kopi, terowongan, dan jembatan yang dibangun pada masa Belanda. Selama 25 tahun beroperasi, pengguna kereta wisata itu kebanyakan turis dari Belanda.

ABDUL AZIZ, Banyuwangi

---

"INGIN melihat karya nenek moyang?''. Itulah sepenggal alasan para turis dari Belanda yang selama ini memanfaatkan fasilitas kereta wisata milik PT. KAI jurusan Kalibaru-Banyuwangi-Garahan, Jember.

Memang, sejak beroperasi 25 tahun silam, kereta wisata yang berkapasitas delapan penumpang itu lebih banyak diminati para turis asing, terutama dari Belanda. Orang Indonesia, khususnya warga Banyuwangi, jarang memanfaatkan kereta wisata itu.

Para turis dari Belanda mengaku sangat senang naik kereta wisata tersebut. Sebab, sepanjang perjalanan, banyak lokasi dan bangunan peninggalan Belanda.

Para penumpang kereta wisata tersebut ketika sampai di lereng pegunungan Kalibaru akan disuguhi hijaunya perkebunan kopi yang notabene juga peninggalan Belanda.

Oleh karena itu, ketika sampai di perkebunan kopi, turis dari Belanda itu dipastikan akan minta berhenti.

Mereka ternyata ingin menikmati pemandangan di perkebunan kopi karya Belanda itu. Selain menikmati pemandangan di kebun kopi, para turis Belanda yang kebanyakan datang bersama keluarga itu juga tidak segan mengabadikan gambar.

Puas menikmati dan mengabadikan perkebunan kopi, para turis dari Belanda itu biasanya langsung melanjutkan perjalanan ke arah barat. Tujuannya adalah melihat langsung terowongan kereta api yang terletak di bawah Gunung Kumitir, perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember.

Sama seperti perkebunan kopi, terowongan sepanjang satu kilometer itu juga diakui sebagai karya Balanda. Maka dari itu, ketika sampai di sana, para turis dari Belanda itu sangat terkagum-kagum dengan karya nenek moyangnya itu. Tanpa membuang waktu dan kesempatan, mereka pun mengabadikan gambar terowongan tersebut. Bahkan, sesekali foto bersama dengan latar belakangan terowongan.

Bagi pengunjung yang tak terbiasa, masuk terowongan sepanjang itu mungkin bisa membuat bulu kuduk berdiri. Puas di terowongan, biasanya mereka menuju jembatan sepanjang 600 meter di kawasan Garahan, Jember. Lagi-lagi, jembatan tua itu diakui sebagai karya nenek moyang mereka. ''Baru setelah dari sana (jembatan panjang, Red), turis dari Belanda itu minta kembali ke Kalibaru," kata Paidi, 53, masinis kereta wisata.

Selain turis Belanda, pengunjung yang suka menikmati pemandangan di sepanjang jalur tersebut adalah wisatawan dari Kota Malang. ''Kalau yang dari Malang, ya rata-rata memang berkunjung biasa saja, bukan karena ada peninggalan nenek moyangnya," ujar bapak tiga anak itu.

Bagaimana dengan pengunjung dari Banyuwangi? Ternyata warga Kota Gandrung kurang berminat menikmati kereta wisata tersebut. Selama ini, warga Banyuwangi yang berwisata dengan kereta dua gerbong itu nyaris nihil. ''Sangat jarang sekali. Mungkin karena orang Banyuwangi sudah sering melihat pemandangan seperti ini ketika naik kereta api," ujarnya.

Kereta wisata itu jam terbangnya terbatas, karena harus menyesuaikan jadwal kereta api yang melintas di jalur tersebut. Kereta wisata itu hanya beroperasi pada pukul 08.00 sampai 10.00, kemudian pukul 11.00 sampai 13.00. ''Hanya jam-jam itu kami beroperasi. Di luar jadwal itu, jelas nggak bisa, karena khawatir benturan dengan jadwal kereta api reguler," ujarnya.

Berapa tarif naik kereta wisata tersebut? Ternyata lumayan murah. Pulang-pergi tarifnya Rp 500 ribu. ''Waktunya sekitar satu sampai dua jam," pungkas pria yang sudah dua tahun menjadi masinis kereta wisata itu. (bay)
Sumber: Radar Banyuwangi
Read More... 25 Tahun Kereta Wisata Beroperasi di Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi

Sabtu, 10 Juli 2010

Daftar Penginapan Peserta Plpg Tahap 3 Rayon 16 Unej Jember

. Sabtu, 10 Juli 2010
0 komentar
DAFTAR PENGINAPAN PESERTA PLPG TAHAP 3 RAYON 16 UNIVERSITAS JEMBER.

Peserta masuk Hotel atau Penginapan (check in)  hari Sabtu Tanggal 10 Juli 2010 Pukul 16.00 WIB

Berikut ini adalah Daftar Penginapan Peserta Plpg Unej Tahap 3 Rayon 16 Universitas Jember Jatim. Untuk Tempat Penginapan Peserta Plpg Tahap 2 Universitas Jember silakan download disini.

Sumber: Daftar Penginapan Plpg Unej Rayon 16 Universitas Jember Jatim
Read More... Daftar Penginapan Peserta Plpg Tahap 3 Rayon 16 Unej Jember

Rabu, 07 Juli 2010

Mengarungi Hutan Mangrove di Bedul

. Rabu, 07 Juli 2010
0 komentar
Taman Nasional Alas Purwo
Mengarungi Hutan Mangrove di Bedul


BANYUWANGI, KOMPAS.com - Tempat wisata yang satu ini terbilang baru di Jawa Timur. Namanya baru dikenal dalam setahun terakhir. Wisata Pantai Bedul, demikian namanya. Kadang kala ditambahi dengan wisata Mangrove Blok Bedul.

Wisata Mangove Bedul berada di Dusun Bloksolo, Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. Nama itu tidaklah berlebihan. Wisatawan yang berkunjung ke tempat itu akan menjumpai ribuan pohon Mangrove atau bakau.

Sejauh mata memandang, hutan mangrove itu menaungi perairan Blok Bedul. Blok Bedul merupakan daerah hilir dari DAS Stail. Aliran sungai itu membentuk rawa air payau. Warga sekitar menyebut kawasan ini dengan segara anakan.

Wilayah ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo (TNAP). Wisata Mangrove Bedul memang terletak di tengah-tengah antara pantai Grajagan dan Purwo serta Plengkung (G-Land).

Sejak awal tahun 2009 lalu, geliat wisata pantai ini semakin dikembangkan. Meskipun kini, pengelola wisata ini masih terus mengembangkan untuk memuaskan pengunjung. Berada di wilayah selatan kota Banyuwangi, akses menuju kawasan ini kini sangat mudah.

Jalan menuju tempat wisata ini merupakan jalan hotmix. Meski harus menembus hutan milik Perhutani, kendaraan roda empat dengan mudah melewatinya hingga di tempat parkir wisata
Mangrove Bedul.

Menurut pemandu wisata, Fitria Agustina, sejak dikenal setahun ini, jumlah pengunjung makin banyak. "Apalagi kalau hari libur atau akhir pekan, pengunjungnya ratusan," ujarnya.

Wisatawan tidak akan rugi untuk mampir ke Mangrove Bedul. Wisata edukasi, rekreasi dan juga petualangan menanti. Tempat itu sangat cocok bagi dunia pendidikan. Mangrove, seluk-beluknya dan juga anek ragam hayati baik flora dan fauna bisa dipelajari di Bedul.

Pada tahun 2009, Direktorat Jenderal Rehabilitasi Lahan dan Perhutanan Sosial Balai Pengelolaan Mangrove Wilayah I - Departemen Kehutanan menanam 25 ribu batang bibit mangrove di kawasan tersebut.

Selain tentunya, rimbunnya hutan mangrove sudah menanti mata wisatawan. Ada empat jenis bibit yang ditanam yakni Sonneratea Casiolaris, Cariops Sp, Bruguera Sp dan Rizhophora Sp.

Selain flora, aneka ragam fauna juga bisa ditemukan di tempat itu. Kala segara anakan sedang surut dan sedang musim kerang, wisatawan akan disuguhi atraksi para pencari kerang.

Wisatawan bisa melihat langsung dan juga membeli kerang segar dari segara anakan. Tidak lupa tentunya, ikan Bedul yang kini menjadi nama wisata tersebut. Ikan Bedul, mirip ikan gabus yang mempunyai sirip merupakan ikan air payau.

Ikan itu sangat gurih jika digoreng dan dicocol dengan sambal. Hewanlain yang bisa ditemukan adalah kera, biawak, burung elang, burung dara laut, belibis, bangau, ikan terbang, kodok rawa
(mudskeper), king fisher, kecuk, kirik-kirik hingga burung migran dari benua Australia. Untuk
burung migran dari Australia hanya bisa ditemukan dalam bulan-bulan tertentu.

Sebelumnya, di segara anakan hanya ada dermaga kecil yang dilabuhi beberapa perahu yang disebut warga sekitar 'godang-gandung'. Namun sejak enam bulan lalu, sebuah dermaga pandang telah dibangun.

Dengan begitu, pengunjung tidak perlu takut kena air pasang yang meluber ke daratan. "Dulu kalau air pasang, sulit menjangkau dermaga. Sekarang sudah ada jalan jadi mengeenakkan wisatawan," lanjut Fitri.

Dermaga pandang itu mempunyai panjang 225 meter. Pengunjung dikenakan tarif jika ingin mengelilingi segara anakan dengan perahu gondang-gandung. Dengan tarif Rp 7.000, pengunjung bisa puas berkeliling segara anakan hingga ke bibir selatan segara anakan.

Di ujung selatan, pengunjung bisa menjelajah hutan dan menuju pantai selatan yang terkenal dengan gelombangnya. Di pantai tersebut, pengunjung bisa menikmati hamparan pasir.

Tidak hanya berkeliling ke segara anakan, pengunjung juga bisa mendapat pelayanan lain yakni menuju kawasan Kere (tempat peristirahatan pencari ikan), Pantai Ngagelan dan Pantai Cungur.

Untuk menuju pantai Kere, pengujung dikenakan tarif Rp 150.000 untuk 15 orang dalam satu perahu. Perjalanan ke pantai tersebut membutuhkan waktu satu jam.

Sedangkan ke pantai Ngagelan membutuhkan waktu setengah hari dengan tarif Rp 300.000 untuk 15 orang. Di pantai yang berada di kawasan alas Purwo itu, pengunjung bisa melihat penangkaran penyu. Sementara ke Cungur, untuk 15 orang dikenakan tarif Rp 200.000.

"Pakai perahu itu. Insyaallah aman karena kan hanya menyusuri sungai dengan riak kecil," kata Fitri.

Mandi di Bedul
Selain untuk rekreasi, kawasan Bedul dalam tiga bulan juga menjadi jujugan warga yang ingin menyembuhkan penyakit. Penyembuhan itu dengan cara mandi di pancuran air dekat tempat parkir wisata Mangrove Bedul.

Pancuran air itu sebenarnya tidak muncul begitu saja. Awalnya, pengelola kawasan wisata membuat sumur bor dengan harapan bisa mengalirkan air bersih yang bisa disalurkan ke kamar mandi umum yang telah disediakan. "Tetapi ketika dibor dengan kedalaman 32 meter sudah muncul air, katanya sekitar sini air bisa mengucur kalau dibor dengan kedalaman lebih dari 50 meter," ujar Fitria Agustina, pemandu wisata.

Kejadian itu menjadi kabar dari mulut ke mulut. Kabar itu rupanya menarik sejumlah orang, terutama mereka yang mempunyai penyakit seperti pegal-pegal, bahkan hingga sakit stroke.

Uniknya, warga yang berniat berobat memilih mandi dini hari. Bahkan jika malam Jumat, ratusan orang berbondong-bondong ke tempat itu, mulai tengah malam hingga pagi hari. "Saya sudah dua kali mandi di tempat ini, dan rasanya badan enteng," kata Mbah Nursamsiah ditemui usai mandi di pancuran air itu.

Tukini, seorang warga asal Sumatra juag mendengar kabar tentang pancuran itu. Ia yang menderita stroke kini rajin mandi di tempat itu setiap usai salat subuh. Perempuan yang menginap di rumah saudaranya di Desa Sumberasri itu mengaku strokenya sedikit berkurang.

Karena animo masyarakat tinggi, maka pengelola setempat menyediakan dua pancuran yang dikelilingi kain pembatas. Sayangnya, tempat itu masih terbuka sehingga bagi orang dewasa, mereka mandi dengan masih mengenakan baju. Di tempat itu juga belum disediakan tempat tertutup untuk ganti pakaian. (Sri Wahyunik)
Sumber: http://sains.kompas.com/read/2010/06/06/17185766/Mengarungi.Hutan.Mangrove.di.Bedul
Foto by Muhamad Ali Saifudin.
Read More... Mengarungi Hutan Mangrove di Bedul

Senin, 05 Juli 2010

Kalender Pendidikan Jatim 2010/2011

. Senin, 05 Juli 2010
0 komentar
Berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Nomor 420/2754/103.02/2010, Tanggal 3 Mei 2010 tentang Hari Sekolah dan Hari Libur bagi Sekolah/ Madrasah di Provinsi Jawa Timur Tahun Pelajaran 2010/ 2011 adalah sebagai berikut:

1. Hari masuk awal tahun pelajaran   : Senin, 12 Juli 2010
2. Hari efektif sekolah semester 1      : 106 hari
3. Hari efektif sekolah semester 2      : 138 hari
4. Hari belajar efektif fakultatif           : 19 hari
5. Libur Semester 1                           : 27-31 Desember 2010
6. Libur Semester 2                           : 20-30 Juni 2011

Libur Hari Besar:

1. 10 Juli 2010                                  : Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW
2. 17 Agustus 2010                           : Proklamasi Kemerdekaan RI
3. 10-11 Sept. 2010                         : Hari Raya Idul Fitri 1427 H
4. 17 Nop. 2010                               : Hari Raya Idhul Adha 1430 H
5. 7 Des. 2010                                  : Tahun Baru Hijriah 1431 H
6. 25 Des. 2010                                : Hari Raya Natal : Wafat Isa Almasih
7. 1 Januari 2011                              : Tahun Baru Masehi
8. 3 Februari 2011                            : Tahun Baru Imlek 2561
9. 16 Pebruari 2011                          : Maulid Nabi Muhammad SAW
10. 5 Maret 2011                             : Hari Raya Nyepi
11. 22 April 2011                             : Wafat Isa al Masih
12. 17 Mei 2011                              : Hari Raya Waisak
13. 2 Juni 2011                                : Kenaikan Isa al-Masih

Kalender Pendidikan 2010/2011 Jawa Timur/ Jatim


Sumber: tunas63.wordpress.com
Read More... Kalender Pendidikan Jatim 2010/2011

Jumat, 02 Juli 2010

Daftar Penerima Sertifikat Lulus Jalur Portofolio 2010

. Jumat, 02 Juli 2010
4 komentar
Selamat Pagi Kepada Seluruh Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2010 Rayon 16 Jatim Unej Jember yang saat ini sedang menunggu hasil Verifikasi Akhir Sertifikasi yang Lulus Portofolio 2010. Berikut ini kami membantu menginformasikan tentang Verifikasi Data Penerima Sertifikat Penilaian Portofolio Tahun 2010 Rayon 16 Unej Jember.

Surat ini berasal dari Unej Jember Rayon 16 Selaku Penyelenggara Sertifikasi Guru yang meliputi Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Jember, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Kabupaten Situbondo dari Sertifikasi Guru Diknas Kemendiknas dan Sertifikasi Guru Depag Kemenag

Perihal: Verifikasi Data Penerima Sertifikat Penilaian Portofolio Tahun 2010
Kepada Yth. : Peserta Portofolio Yang Lulus Tahun 2010 Di Tempat

Dengan hormat,

Bersama ini kami sampaikan data peserta sertifikasi guru tahun 2010 yang lulus penilaian portofolio. Bagi Peserta yang datanya berbeda dengan yang tertulis di lampiran, harap segera melapor ke Panitia atau mengirim data ke alamat email : mudakir.fkip@unej.ac.id . Apabila sampai tanggal 15 Juli 2010 tidak ada laporan, maka data tersebut dianggap benar.

Atas perhatiannya disampaikan terimakasih.

PSG Rayon16 UNEJ

Berikut Daftar Penerima Sertifikas Lulus Jalur Portofolio 2010 Diknas Kemendiknas Jatim:
  1. Daftar Penerima Sertifikat Lulus Jalur Portofolio 2010 Unej Rayon 16 Jatim Diknas Kemendiknas  Kabupaten Banyuwangi download disini.
  2. Daftar Penerima Sertifikat Lulus Jalur Portofolio 2010 Unej Rayon 16 Jatim Diknas Kemendiknas Jatim Kabupaten Bondowoso download disini.
  3. Daftar Penerima Sertifikat Lulus Jalur Portofolio 2010 Unej Rayon 16 Jatim Diknas Kemendiknas  Kabupaten Jember download disini.
  4. Daftar Penerima Sertifikat Lulus Jalur Portofolio 2010 Unej Rayon 16 Jatim Diknas Kemendiknas  Kabupaten Lumajang download disini.
  5. Daftar Penerima Sertifikat Lulus Jalur Portofolio 2010 Unej Rayon 16 Jatim Diknas Kemendiknas Kabupaten Probolinggo download disini.
  6. Daftar Penerima Sertifikat Lulus Jalur Portofolio 2010 Unej Rayon 16 Jatim Diknas Kemendiknas Kota Probolinggo download disini
  7. Daftar Penerima Sertifikat Lulus Jalur Portofolio 2010 Unej Rayon 16 Jatim Diknas Kemendiknas Kabupaten Situbondo download disini

Berikut Daftar Penerima Sertifikas Lulus Jalur Portofolio 2010 Depag Kemenag Jatim:
  1. Daftar Penerima Sertifikat Lulus Jalur Portofolio 2010 Unej Rayon 16 Jatim Depag Kemenag Kabupaten Banyuwangi download disini.
  2. Daftar Penerima Sertifikat Lulus Jalur Portofolio 2010 Unej Rayon 16 Jatim Depag Kemenag Kabupaten Bondowoso download disini.
  3. Daftar Penerima Sertifikat Lulus Jalur Portofolio 2010 Unej Rayon 16 Jatim Depag Kemenag Kabupaten Jember download disini.
  4. Daftar Penerima Sertifikat Lulus Jalur Portofolio 2010 Unej Rayon 16 Jatim Depag Kemenag Kabupaten Lumajang download disini.
  5. Daftar Penerima Sertifikat Lulus Jalur Portofolio 2010 Unej Rayon 16 Jatim Depag Kemenag Kabupaten Probolinggo download disini.
  6. Daftar Penerima Sertifikat Lulus Jalur Portofolio 2010 Unej Rayon 16 Jatim Depag Kemenag Kota Probolinggo download disini
  7. Daftar Penerima Sertifikat Lulus Jalur Portofolio 2010 Unej Rayon 16 Jatim Depag Kemenag Kabupaten Situbondo download disini

Terimakasih, semoga informasi Daftar Penerima Sertifikat Lulus Jalur Portofolio 2010 bisa membantu Bapak Ibu Guru yang sudah Lulus Sertifikasi Jalur Portofolio 2010 Rayon 16 Unej Jember.

Sumber: Panitia Sertifikasi Guru PSG Unej Jember Rayon 16 Jatim 2010
Read More... Daftar Penerima Sertifikat Lulus Jalur Portofolio 2010
 

Tamu Kampung Inggris

Traffic Pidato Inggris

Komentar Terbaru Sobat Setia Muhamad Ali Saifudin

All right reserved Muhamad Ali Saifudin is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com