Foto Saya
Muhamad Ali Saifudin
Guru Bahasa Inggris SMKN Darul Ulum Muncar, Menginspirasi Guru, Memotivasi Siswa, Mencintai Cinta. Dari Ujung Timur Pulau Jawa, Wringinputih Muncar Banyuwangi.
Lihat profil lengkapku

Selamat Datang di Weblog Muhamad Ali Saifudin *)

Penulis berusaha menyajikan berbagai informasi tentang Pendidikan, Belajar Bahasa Inggris, Informasi SMK, NUPTK, Sertifikasi Guru, Wisata, Tips dan Trik. Motto Penulis "Yang Abadi adalah Perubahan dan yang Pasti adalah Ketidakpastian, Siapa yang tidak Berani Berubah tidak akan Memiliki Kepastian".

Copy Paste artikel Tips Trik Wisata Belajar Pidato Bahasa Inggris SMK dalam blog ini boleh asal:

1). Memuat nama penulis Muhamad Ali Saifudin.
2). Menyertakan alamat http://muhamadalisaifudin.blogspot.com ke sumber artikel yang ditulis
.
3). Kritik dan Saran Tips Trik Wisata Belajar Pidato Bahasa Inggris SMK Klik Disini
*) Muhamad Ali Saifudin tinggal di http://muhamadalisaifudin.blogspot.com

Kamis, 30 Desember 2010

Rute Terbang Surabaya-Banyuwangi, Hasil Lobi di Kios Tukang Jahit

. Kamis, 30 Desember 2010
0 komentar
Bandara Blimbingsari siapkan Rute
Banyuwangi - Surabaya PP dan Banyuwangi - Denpasar PP

TEMPO Interaktif, Banyuwangi -Landasan pacu itu masih terlihat basah ketika pesawat yang membawa rombongan Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono dan Gubernur Jawa Timur, Imam Soekarwo, mendarat di Bandara Banyuwangi. Dua pejabat yang berangkat dari Bandara Juanda, Surabaya, guna meresmikan Bandara Blimbingsari Rogojampi, itu mendadak sumringah ketika melihat belasan putri cantik yang menyambut mereka dengan tari Untulan. “Wah, ternyata yang datang banyak,” ujar Soekarwo, sesaat sebelum turun dari badan pesawat (29/12).

Kedatangan dua pejabat itu molor dua jam dari jadwal yang ditetapkan. Itu karena pesawat yang mereka tumpangi mesti wira-wiri dari Banyuwangi menuju Surabaya dalam kondisi cuaca yang buruk akibat semburan abu vulkanik Gunung Bromo. Kondisi itu memaksa pesawat yang mereka tumpangi terbang setengah jam lebih lama lantaran harus terbang memutar ke arah Utara melalui pulau Madura. Namun kendala itu tidak menyurutkan antusiasme ratusan warga Banyuwangi yang ingin melihat peresmian bandara tersebut. Mereka tetap setia menunggu.

Pembukaan rute penerbangan Bandara Blimbingsari sedianya sudah diagendakan sejak lama. Peletakan batu pertama bandara tersebut dilakukan oleh Wakil Presiden RI, Hamzah Haz, pada tahun 2003. Namun pembangunan bandara itu mengalami sejumlah kendala lantaran tidak ada operator yang sanggup membuka rute penerbangan ke wilayah tersebut. Alhasil, bandara itu lebih sering digunakan untuk latihan penerbangan siswa Bali International Flying Academy. Kendala itu baru teratasi setelah Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas berhasil menggandeng PT Sky Aviation.

Kisah berawal dari pertemuan Azwar dengan pemilik PT Sky Aviation, Krisman Tarigan disebuah kios tukang jahit yang berada di Jakarta. Saat itu Azwar menantang Tarigan untuk membuka rute penerbangan ke Bandara Blimbingsari. “Jika bersedia membuka rute penerbangan, Anda cukup menyediakan alat transportasi udaranya saja. Untuk transportasi daratnya, biar pemerintah kabupaten yang menyediakan. Semua mobil yang terbaik akan kami sediakan,” ujar Bupati Azwar yang mengisahkan proses awal kerja sama tersebut dalam kata sambutannya kemarin.

Tawaran tersebut rupanya menarik minat Tarigan. Ia bersedia membuka jalur penerbangan untuk rute Surabaya-Banyuwangi-Denpasar, meski dengan jadawal penerbangan yang masih terbatas untuk hari Senin, Rabu dan Jum'at. Rute penerbangan itu dilayani dengan menggunakan pesawat bermesin tunggal, Grand Caravan, dengan kapasitas 9 tempat duduk. Namun Tarigan berjanji akan mendatangkan enam pesawat jenis fokker 50 dari Belanda jika respon pasar terbilang bagus. “Mudah-mudahan penerbangan ini menjadi moda transportasi alternatif bagi masyarakat,” ujarnya.

Rute penerbangan Banyuwangi-Surabaya merupakan moda transportasi alternatif bagi masyarakat yang tidak memiliki banyak waktu. Jika perjalanan darat sepanjang 297 kilometer selama ini memakan waktu sekitar 7 jam, penerbangan ini praktis memangkas waktu tempuh hanya menjadi sekitar 30 menit saja. Untuk urusan tarif, pihak maskapai mematok biaya sebesar Rp 700 ribu untuk sekali penerbangan dari Banyuwangi menuju Surabaya atau sebaliknya. Adapun tarif untuk rute perjalanan Banyuwangi-Denpasar ditetapkan sebesar Rp 400 ribu.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengaku sangat mengapresiasi kerja keras yang ditempuh pemerintah Kabupaten dan Provinsi tersebut. Menurut dia, pembukaan rute itu merupakan bagian dari agenda besar pemerintah pusat terkait pembangunan enam koridor ekonomi nasional. Karena pembangunan infrastuktur transportasi, kata dia, secara langsung akan mempermudah aktivitas masyarakat dalam menjalankan roda perekonomiannya. “Arus logistik maupun penumpang karenanya menjadi lebih mudah,” katanya.

RIKY FERDIANTO
Sumber: tempinteraktif.com
Read More... Rute Terbang Surabaya-Banyuwangi, Hasil Lobi di Kios Tukang Jahit

Soal Ujian Semester Ganjil PK Minhajut Thullab

.
0 komentar
Kepada Yth, Bapak Sholihin, Pengasuh Pesantren Putri Program Khusus Minhajut Thullab Sumberberas Muncar Banyuwangi. Sesuai dengan Edaran Surat dari Pengasuh Pesantren Putri Minhajut Thullab Sumberberas Muncar Banyuwangi, kami selaku staf pengajar Pesantren Program Khusus Putri Minhajut Thullab Sumberberas telah membuat Soal Ujian Semester Ganjil Program Khusus Putri Minhajut Thullab Sumberberas Muncar, Soal Ujian Semester Ganjil PK Minhajut Thullab silakan download disini. Thanks
Read More... Soal Ujian Semester Ganjil PK Minhajut Thullab

Rabu, 29 Desember 2010

Bandara Blimbingsari Banyuwangi resmi beroperasi

. Rabu, 29 Desember 2010
1 komentar
Bandara Blimbingsari Banyuwangi resmi beroperasi.

Bandara Blimbingsari yang berlokasi di Banyuwangi, Jawa Timur, telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur pada Rabu 29 Desember 2010. Bandara Blimbingsari yang memiliki landasan pacu dengan panjang 1.400 meter tersebut pembangunannya telah dimulai sejak tahun 2008. Dengan beroperasinya bandara ini diharapkan industri pariwisata di kawasan Banyuwangi dan sekitarnya bisa lebih dikembangkan lagi.

BANDARA BLIMBINGSARI AKAN DONGKRAK PARIWISATA BANYUWANGI

Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Rabu (29/12) sore tadi meresmikan pengoperasian Bandara Udara Blimbingsari, Banyuwangi, Jawa Timur. Peresmiaan pengoperasian bandara itu ditandai perbangan perdana di bandara tersebut. Penerbangan perdana tersebut menggunakan jenis pesawat Grand Caravan milik Sky Aviation, berkapasitas sembilan penumpang. Peresmian dihadiri Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono dan Wakil Gubernur Jatim Syaifullah Yusuf.

Gubernur Jatim, Soekarwo, mengatakan, penerbangan di Banyuwangi itu akan mendongkrak potensi pariwisata yang dimiliki Banyuwangi seperti obyek wisata Pantai Plengkung dan Gunung Ijen. "Setiap tahun Banyuwangi menerima limpahan wisatawan dari Bali," kata dia, Rabo (29/12).

Penerbangan komersial tersebut membuka rute pulang pergi dengan jalur Banyuwangi-Surabaya-Denpasar. Dalam sepekan terdapat tiga kali penerbangan yakni Senin, Rabu dan Jumat. Penerbangan Banyuwangi-Surabaya akan dilakukan pukul 07.00 WIB, dan Surabaya-Banyuwangi akan berangkat pada pukul 08.30 WIB. Selanjutnya untuk Banyuwangi-Denpasar berangkat pukul 10.00 WIB, dan Denpasar-Banyuwangi berangkat pukul 11.35 WITA. Sedangkan harga tiket Surabaya-Banyuwangi dipatok Rp 700 ribu, dan tiket Banyuwangi-Denpasar dijual Rp 400 ribu.

Bandara Banyuwangi merupakan unit pelaksana teknis dari Bandara Juanda, Surabaya. Bandara yang memiliki panjang landasan 1.400 meter itu dibangun sejak 2002 hingga 2008. Soekarwo menambahkan, Bandara Blimbingsari menjadi salah satu bandara yang dikembangkan oleh Pemerintah Jatim.. Sementara dua bandara baru lain, yakni, di Sumenep (Madura) dan Bawean (Gresik) ditarget beroperasi pada 2012.

Direktur Sky Aviation, Krisman Tarigan, menjelaskan, penerbangan ini akan mempersingkat waktu tempuh dari Banyuwangi menuju Surabaya dan Denpasar. "Selama ini Banyuwangi ke Surabaya ditempuh dalam tujuh jam. Sedangkan ke Denpasar lima jam," kata dia. Namun, kata dia, bila menggunakan pesawat, waktu tempuh ke dua kota itu maksimal 30 menit.

Krisman menambahkan, apabila peminat pesawat Caravan ini tinggi, pihaknya akan segera mendatangkan pesawat jenis Fokker dengan kapasitas 50 penumpang.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, mengatakan, pihak Sky Aviation hanya berinvestasi di pesawat. Sementara, kelengkapan sarana dan prasarana darat dan udara ditanggung oleh Pemerintah Banyuwangi. Namun, Pemkab Banyuwangi baru meneken kontrak dengan Sky Aviation dalam jangka 2 bulan, hingga Februari 2011.

Pembangunan Bandara Blimbingsari seluas 127 hektare ini telah menghabiskan dana dari APBD Banyuwangi sebesar Rp 56,5 miliar dan APBN Rp 11,6 miliar.

Sumber: tempointeraktif.com
Read More... Bandara Blimbingsari Banyuwangi resmi beroperasi

Download Gratis Kumpulan Pidato Bahasa Inggris

.
8 komentar
Kepada Gus Mahfudz Pesantren Manbaul Ulum Berasan Muncar Banyuwangi, yang tadi siang SMS untuk minta bantuan membuatkan Teks Pidato Bahasa Inggris untuk mengikuti Lomba Pidato Bahasa Inggris.

Monggo Gus, silakan didownload:
  1. Contoh Pidato Bahasa Inggris Judul "Peranan Santri dan Pemuda di Era Globalisasi/ The Role of Islamic Students in Globalization Era" silakan download disini.
  2. Contoh Pidato Bahasa Inggris Judul "Tanggungjawab Pemuda dan Santri/ The Youth Responsibility" silakan download disini.
  3. Contoh Pidato Bahasa Inggris yang lainnya silakan lihat dan download disini.
Read More... Download Gratis Kumpulan Pidato Bahasa Inggris

Contoh Pidato Bahasa Inggris "English Speech Contest 2"

.
16 komentar
Contoh Pidato Bahasa Inggris "English Speech Contest"
Entitled "The Youth Responsibility/ Peran Generasi Muda'

In the name of Alloh the beneficent and the merciful.

Praise is to Allah, the lord of the world, and the sequel is for those who keep their duty unto him. Further, there will be no hostility except against wrongdoers.
Blessing and salutation upon the most honorable prophet and messenger, his families, all his disciples, and those who follow them in goodness till the any of judgment.
In this good chance, I would like to deliver my speech by title;

THE YOUTH RESPONSIBILITY

Dear Moslem Brothers!
When we talk about the youngsters in the Indonesia, we often find in many articles and we ourselves even witness and support the development of nation. They are the hope of the nation who will carry out the struggle for the sake of the brighter future of the country. Similarly, they are at the same time, the hope of Islam religion who will strive for the sake of Islamic teaching in the next maintenance of the Islamic laws, who will safeguard the young Moslem generation at large from the influence of destructive western lifestyle, who will be the leaders for the next, it was yelled as : (subbanul yaum, rijalul ghoddi)


Today is young, tomorrow will be a leader.
This statement encourages us to pay attention to the young’s existence in the future. By knowing all the facts, we realize how important the role of the young generation has in the future. The youth supposedly symbolize the force that never becomes weak quickly. The youngsters play significant roles and have a great potency and energy that can be prided.

Dear Moslem in One Aqidah!
Therefore our religion enjoins us to be flexible Moslem leaders for the society who ultimately have to devote themselves for the development of Moslem community at large. Ironically in the ICT (Information and Communication Technology) era we witness the conducts of young people are always against the Islamic laws. We pay attention to many young people who are not aware of their education, their future and it is poor if we see our Moslem brothers in our country behaving badly and intentionally avoiding Islamic teachings to follow the western culture. We can’t imagine and describe what is going to happen in the next time if all young Moslem people are careless in their responsibility.

We have to be aware that the responsibility of nation developing and religion establishing depend on the young generation. By those considerations we should be very careful with any of destructive western lifestyle and culture that would affect the Islamic values and teachings.

As the Moslem generation, we have a great responsibility to the future of religion and nation. Young generation is the only hope of the life of nation, the development and the decline of nation depend on them. And the victory and the destruction of religion and nation are on the hands of next generation. It’s quite right what Mustofa Al-gholayain said in the book of Idhotun Nasyi’in “Yaa ma’syarosyabaab, inna fii yadiikum amrol ummah, wafii aqdaamikum hayaatahaa”


“Hi youths…surely all kind of community’s problem, in the success of not depend on your hands, and surely the development of religion, nation and country are on your shoulder”

Dear Moslems!
Last but not the least; I would like to call you all to prepare our generation in order to be able to replace the old generation in the future. And I hope you and all Moslem society and Moslem brothers wherever they are to obtain from bad action and furthermore we have to develop our skill and potency to reach up the brighter future. Amin ya robbal alamiin.

That’s all for my speech and thanks a lot for your attention
Wassalamu’aliakum Wr. Wb.


Untuk Lebih Detail dan Mudah silakan download Contoh Pidato Bahasa Inggris dengan Judul "The Youth Responsibility atau Peranan Pemuda" DOWNLOAD DISINI..


Contoh Lain Pidato Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia
Silakan download di http://muhamadalisaifudin.blogspot.com
Read More... Contoh Pidato Bahasa Inggris "English Speech Contest 2"

Contoh Pidato Bahasa Inggris "English Speech Contest"

.
13 komentar
Contoh Pidato Bahasa Inggris "English Speech Contest"
Entitled "The Role of Islamic Students in Globalization Era'

In the name of Allah the beneficent and the merciful.

Praise is to Allah, the lord of the world, and the sequel is for those who keep their duty unto him. Further, there will be no hostility except against wrongdoers.

Blessing and salutation upon the most honorable prophet and messenger, his families, all his disciples, and those who follow them in goodness till the any of judgment.
In this good chance, I would like to deliver my speech by title;

The Role of Islamic Students in Globalization Era
As we know well that globalization is an era marked by missing the territorial limit of nation. It enables the nation culture interferences. So that, politics, economy, culture of nation can influence, color and inspire of the other nations policies.

Globalization gives not only positive effects of the rapid science, information and technology development but also brings about many religion and culture principle divergences of the nation. Those become the cause of a drop in autonomy and identity of the nation.

Happy brothers and sisters!
Let’s pay attention more what happens in our surroundings at present! Free sex, pornography, alcoholic drink and drugs become youth customs in this country. Most of them always imitate what becomes “up to date” without filtering and thinking before. And they never make balance between thought and desire, planning and implementation and between ability and action. In addition, they do not preserve the Islamic laws because they think that religion is the symbol only whereas, youth is the generation next of this country. So how this country’s future is if most of them get a drop in their moral values?.

Consequently, we are the next generation of this country; we have to keep ourselves by faith, beliefs and piety in facing the globalization era. And we have to be aware of conserving the Islamic laws. Moreover we are the Islamic students have obligation to fight against the weakness of our beloved nation.

Moslem brothers and sisters!
We should not keep silent when we know the negative changes that happen in our society because of globalization era. As Islamic students we ought to become figures in anticipating the negative effects of this global era.

Allah state in the noble Quran; (Waltakum minkum ummatan yad’una ilal khoiri wa ya’muruna bil ma’rufi wa yanhauna ‘anil munkar, wa ulaaika humul muflihuun)


Meaning: let there arise out of you a group of people inviting to all that is good, enjoining alma’ruf and forbidding almunkar and those who are the successful man.

Dear brothers and sisters!
The Islamic students with their moral forces and Islamic studies must be proactive to guide what is and what globalization era is for and the purpose of it. So that, let’s hope for the best. They become the public figures and they can color the social and cultural lives of their society in achieving the goal. That’s good Moslem is a good country.

Happy brothers and sisters!
As the generation next we should;
- take the positive effects of globalization era only,
- raise our taqwa and realize our religious doctrine in our daily lives,
- become good figures for the society in facing globalization, information and communication technology

That's all my speech. Thank you for your attention
Wassalamu'alikum Wr. Wb.

Untuk Lebih Detail dan Mudah silakan download Contoh Pidato Bahasa Inggris dengan Judul "The Role of Islamic Students in Globalization Era" DOWNLOAD DISINI..


Contoh Lain Pidato Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia
Silakan download di http://muhamadalisaifudin.blogspot.com
Read More... Contoh Pidato Bahasa Inggris "English Speech Contest"

Selasa, 28 Desember 2010

Pembobotan Unas dan UAS Dipastikan 60:40

. Selasa, 28 Desember 2010
0 komentar
Pembootan Ujian Nasional dan Ujian Akhir Sekolah berbanding 60:40

JAKARTA--Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional (Balitbang Kemdiknas) Mansyur Ramli menjelaskan, pembobotan nilai ujian nasional (Unas) dan ujian akhir sekolah (UAS) untuk kelulusan siswa tahun ajaran 2010/2011 akhirnya disepakati 60 : 40. Maksudnya, 60 persen untuk Unas dan 40 persen untuk UAS.

Keputusan ini didapat dari kesepakatan antara Balitbang Kemdiknas dan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). "Draf Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) mengenai pembobotan kelulusan siswa ini hanya menunggu ditandatangani Menteri Pendidikan Nasional Mendiknas) saja," ungkap Mansyur di sela acara Sosialisasi Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Tahun 2011 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (28/12) malam.

Menurut Mansyur, ada beberapa alasan ditetapkannya pembobotan dengan komposisi 60:40 tersebut. Salah satunya, proses penilaian Unas bisa dikatakan lebih terstandar dan sudah ditentukan. Sementara untuk nilai UAS yang ditentukan oleh sekolah, sifatnya lebih beragam sehingga pembobotannya juga berbeda. Disamping itu, nilai UAS tersebut nantinya juga akan ditambahkan dengan nilai raport yang sebagian besar menunjukan sudah diatas Ketuntasan Kompetensi Minimal (KKM).

“Kita semua tentunya mengetahui bahwa nilai raport yang diberikan oleh sekolah pastinya tinggi-tinggi. Oleh karena itu, untuk menetralisasinya yakni nilai Unas harus dengan bobot tinggi. Jika memang ditemukan ada kecurangan, maka kita akan bina sekolahnya dan diharapkan lebih jujur,” ujarnya.

Mansyur menjelaskan, berdasarkan hasil survey yang telah dilakukan oleh Balitbang, sekolah yang berakreditasi C sebagian besar selalu memberikan nilai rata-rata yang lebih tinggi kepada siswanya, yakni antara 7-8. Dengan kondisi demikian, Kemdiknas memandang tidak ada keobjektifan nilai siswa, terutama pada nilai rapor.

Terpisah, Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh kepada JPNN juga menyebutkan bahwa dirinya sepakat jika pembobotan nilai Unas dan UAS sebesar 60: 40. "Mengapa 60 : 40, karena setelah kita hitung - hitung, rata-rata setiap sekolah yang berakreditasi A, B dan C kerap memberikan nilai yang hampir sama, yakni berkisar di antara angka 7 dan 8. Dengan kondisi demikian, maka menurut kami pas jika pembobotannya 60 : 40," jelasnya. (Cha/jpnn)
Sumber: http://www.jpnn.com
Read More... Pembobotan Unas dan UAS Dipastikan 60:40

Sabtu, 25 Desember 2010

Persyaratan dan Cara Mendapatkan NUPTK

. Sabtu, 25 Desember 2010
8 komentar
Persyaratan dan Cara Mendapatkan NUPTK


Persyaratan standar minimal tentang PTK yang bisa dijaring baik pendidikan Formal maupun Non Formal untuk mendapatkan NUPTK.

Persyaratan Umum mendapatkan NUPTK:
  1. WNI dan WNA yang sudah naturalisasi.
  2. Menjadi Pendidik (melakukan tatap muka di depan kelas) dan Tenaga Kependidikan (menunjang proses pendidikan) baik pada pendidikan formal maupun non formal, PNS maupun non PNS dan baik dibawah binaan Kemendiknas maupun Kemenag.
Persyaratan Khusus mendapatkan NUPTK:
a. PTK Pendidikan Formal
  1. Untuk PNS/CPNS yang dibuktikan dengan bukti SK Penetapan sebagai Guru/Pendidik untuk segera dilakukan proses pendataan berdasarkan bukti fisik pendukung.
  2. Untuk Non PNS pendataan usulan baru dilakukan maksimal 2 (dua) kali dalam setahun (pada bulan Juni dan Desember menjelang awal semester) dengan syarat : Minimal telah memiliki masa kerja 2 tahun yang dibuktikan dengan SK Penugasan dari lembaga yang berwenang.

b. PTK Non Formal
Segera melakukan pendataan PTK-PNF berdasarkan bukti fisik pendukung. Pengusulan NUPTK bagi PTK-PNF dengan syarat :
  1. Sampai akhir tahun 2010 semua PTK PNF segera dimasukkan ke dalam database SIM NUPTK-PNF untuk diproses generate NUPTK.
  2. Mulai tahun 2011, PTK-PNF yang diusulkan masuk database SIMNUPTK PNF minimal memiliki masa kerja 2 tahun (TMT minimal bulan Juli tahun 2009).
  3. Lembaga/ Instansinya terdaftar di dinas pendidikan setempat.
Sumber: http://pmptk.kemdiknas.go.id
Read More... Persyaratan dan Cara Mendapatkan NUPTK

Cara Mencari Nomor NUPTK

.
37 komentar
Cara Mengetahui/ Mencari dan Mendapatkan NUPTK anda melalui SMS:
NUPTK SMS GETAWAY
Caranya kirim sms ke no: 081218582888 Format Pengiriman: Nuptk#namalengkap#tempat lahir#tanggallahir. Contoh: Nuptk#muhamad ali saifudin#banyuwangi#21-06-1985

Cara Mengetahui/ Mencari dan Mendapatkan NUPTK anda melalui SMS:
NUPTK SMS GETAWAY
Caranya kirim sms ke no: 081218582888 Format Pengiriman: Nuptk#namalengkap#tempat lahir#tanggal lahir. Contoh: Nuptk#muhamad ali saifudin#banyuwangi#21-06-1985

Cara Mengetahui/ Mencari dan Mendapatkan NUPTK anda melalui:
NUPTK Browser
Cari Nuptk berdasarkan, Provinsi, Kabupaten/Kota, Sekolah, Nama, Tanggal Lahir, Tempat Lahir, dan lain-lain.

Berikut Cara Mendapatkan Nomor NUPTK:
  1. Download aplikasi NUPTKWebBrowser.
  2. Jalankan aplikasi tersebut di komputer anda.
  3. Manfaatkan fasilitas search engine berdasarkan nama, sekolah, tempat lahir dan lain-lain.
  4. Untuk pencarian berdasarkan Sekolah/Madrasah, pilih sekolah yang dimaksud kemudian klik tombol Cari. Tekan tombol Detail untuk melihat daftar NUPTK yang ada di sekolah tersebut.

Contoh Cara Mencari dan Mengetahui Nomor NUPTK

Demikian sedikit hal yang bisa kami informasikan berhubungan dengan Cara Mencari Nomor NUPTK dan Cara Mengetahui Nomor NUPTK.
Sumber: http://pmptk.kemdiknas.go.id/
Read More... Cara Mencari Nomor NUPTK

Sistem Sertifikasi Guru Tanpa Portofolio Tahun 2011

.
3 komentar
Persyaratan Sertifikasi Guru 2011

Semarang, CyberNews. Penyelenggaraan Sertifikasi Guru dalam jabatan pada 2011 dimungkinkan terjadi perubahan. Jika sebelumnya harus melalui jalur portofolio, tetapi tidak untuk kali ini.

"Untuk nanti kami akan menguslkan agar guru bisa mengikuti Sertifikasi tanpa melalui jalur portofolio melainkan langsung mengikuti PLPG," kata Rektor IKIP PGRI, Muhdi MH, Selasa (2/11).

Jalur sertifikasi melalui PLPG tersebut menurutnya diperuntukkan bagi peserta yang tidak memenuhi persyaratan portofolio. Misalkan saja, dari kelengkapan dokumen tidak memenuhi. "Dilihat dari segi waktu, sistem ini akan lebih efisien. Selain itu juga dapat menghindari adanya kecurangan dari peserta," terang dia.

Dengan langsung mengikuti PLPG ditambahkannya guru yang tidak lolos persyaratan portofolio tak akan lagi memaksakan diri. Di samping itu juga tidak akan mendorong seseorang untuk memenuhi persyaratan secara instan dan memicu tindakan pelanggaran yang lain. "Misalkan saja pembuatan dokumen 'aspal'. Kondisi yang datang akibat paksaan keadaan memungkinkan segala bentuk pelanggaran mungkin terjadi," terang Muhdi.

Mereka yang mengikuti proses sertifikasi melalui PLPG tak lantas memposisikan guru yang bersangkutan pada level yang lebih rendah dibanding jalur portofolio. Menuurt Muhdi, dari penelitian yang ada terbukti bahwa guru yang mengikuti jalur PLPG mengalami kenaikan kinerja. Hal itu dikarenakan selama mengikti PLPG mereka dilatih banyak hal.

"Dengan begitu empat aspek profesionalisme guru yakni pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian akan dapat terpenuhi," kata dia.

Ditambahkan Muhdi, penyelenggaraan sertifikasi untuk 2010 sendiri sudah memasuki tahap akhir. Diusahakan dalam bulan ini segala proses penilaian bisa selesai lebih awal. "Paling tidak dalam bulan ini sudah selesai," kata dia.

Pada 2011 nanti akan terjadi penambahan kuota bagi sertifikasi guru. Jika sebelumnya kuota yang ada sebesar 200.000, untuk 2011 nanti bertambah menjadi 361.885. "Panambahannya sekitar 70%," imbuhnya.
( Roosalina /CN27 ) Sumber: http://suaramerdeka.com
Read More... Sistem Sertifikasi Guru Tanpa Portofolio Tahun 2011

Kamis, 23 Desember 2010

Persyaratan Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2011

. Kamis, 23 Desember 2010
1 komentar
1.      Persyaratan Umum
a.     Guru yang masih aktif mengajar di sekolah di bawah binaan Kementerian Pendidikan Nasional yaitu guru yang mengajar di sekolah umum, kecuali guru Agama. Sertifikasi guru bagi guru Agama (termasuk guru Agama yang memiliki NIP 13) dan semua guru yang mengajar di Madrasah (termasuk guru bidang studi umum yang memiliki NIP 13) diselenggarakan oleh Kementerian Agama dengan kuota dan aturan penetapan peserta dari Kementerian Agama. Sesuai Surat Edaran Bersama Direktur Jenderal PMPTK dan Sekretaris Jenderal Departemen Agama Nomor SJ/Dj.I/Kp.02/1569/2007, Nomor 4823/F/SE/2007 Tahun 2007.
b.     Guru yang diangkat dalam jabatan pengawas dengan ketentuan:
1) bagi yang bukandari guru harus diangkat sebelum berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru (1 Desember 2008), atau
2) bagi yang diangkatsetelah berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru tetapi memiliki pengalaman formal sebagai guru.
Contoh 1:
Seorang pengawas A yang tidak pernah menjadi guru dialihtugaskan dari pejabat struktural menjadi pengawas pada bulan September 2008. Pengawas A dapat mengikuti sertifikasi guru karena diangkat sebagai pengawas sebelum Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru ditetapkan.
Contoh 2:
Seorang pengawas B dialihtugaskandari pejabat struktural menjadi pengawas pada bulan Mei 2009. Pengawas B memiliki pengalaman mengajar selama 15 tahun sebagai guru Olahraga. Pengawas B dapat mengikuti sertifikasi guru meskipun diangkat sebagai pengawas setelah Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru ditetapkan karena pengawas B tersebut pernah menjadi guru.
Contoh 3:
Seorang pengawas C yang tidakpernah menjadi guru dialihtugaskan dari pejabat struktural menjadi pengawas pada bulan Mei 2009. Pengawas C tidak dapat mengikuti sertifikasi guru karena diangkat sebagai pengawas bukan dari guru setelah Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru ditetapkan.
c.    Guru bukan PNS harus memiliki SK sebagai guru tetap dari penyelenggara pendidikan, sedangkan guru bukan PNS pada sekolah negeri harus memiliki SK dari dinas pendidikan provinsi/ kabupaten/kota.
d.     Pada tanggal 1 Januari 2011 belum memasuki usia 60 tahun.
e.     Memiliki nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK).
2.     Persyaratan Khusus untuk Uji Kompetensi melalui Penilaian Portofolio
a.     Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dari program studi yang memiliki izin penyelenggaraan
b.     Memiliki masa kerja sebagai guru (PNS atau bukan PNS) minimal 5 tahun pada suatu satuan pendidikan dan pada saat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen terbit yang bersangkutan sudah menjadi guru. (Contoh perhitungan masa kerja lihat urutan prioritas penetapan peserta pada Buku 1 Pedoman Penetapan Peserta, BAB III)
c.      Guru dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan yang belum memiliki kualifikasi akademik S-1/D-IV apabila sudah:
1)     Pada 1 Januari 2010 mencapai usia 50 tahun dan mempunyai pengalaman kerja 20 tahun sebagai guru, atau
2)     mempunyai golongan IV/a atau memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/a.
3.      Persyaratan Khusus untuk Guru yang diberi Sertifikat secara Langsung
a.    Guru dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan yang memiliki kualifikasi akademik magister (S-2) atau doktor (S-3) dari perguruan tinggi terakreditasi dalam bidang kependidikan atau bidang studi yang relevan dengan mata pelajaran atau rumpun mata pelajaran yang diampunya, atau guru kelas dan guru bimbingan dan konseling atau konselor, dengan golongan sekurang-kurangnya IV/b atau yang memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/b.
b.   Guru dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan yang memiliki golongan serendah-rendahnya IV/c atau yang memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/c.

Sumber: http://sertifikasiguru.org
Read More... Persyaratan Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2011

Kemdiknas Sosialisasikan Formula Baru Ujian Nasional

.
0 komentar
Kemdiknas Sosialisasikan Formula Baru Ujian Nasional Tahun 2010/2011

Jakarta - Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) bersama dengan BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) mensosialisasikan kebijakan ujian nasional (UN) di Hotel Sultan, Jakarta, pada Jumat, (17/12).

Ujian Nasional 2011 akan dilaksanakan dengan formula yang berbeda yaitu berupa nilai gabungan (NG) yang berasal dari nilai UN ditambah dengan nilai sekolah (NS), tetapi bobot dari nilai UN dan bobot NS berbeda. "Yang jelas bobotnya UN lebih tinggi di banding NS," kata Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), Mohammad Nuh seusai membuka sosialisasi.

Sedangkan untuk NS diambil dari nilai rata-rata hasil ujian sekolah, nilai rapor semester tiga, empat dan lima. Ujian sekolah berasal dari hasil penilaian guru yang berupa hasil ujian sekolah, ulangan, tugas dan/atau praktikum.

Menteri Nuh mengatakan, dalam pengambilan keputusan tentang bobot dari nilai UN maupun NS turut mengundang para Kepala Dinas Provinsi, Kabupaten dan Kota. "Sehingga kepemilikannya (ownership) makin tinggi, begitu kita dok, sudah kita pakai selamanya," katanya.

Nuh menambahkan, ada pernyataan bahwa BSNP akan mendelegasikan kriteria kelulusan UN kepada satuan pendidikan." Selama ini kan minimal 5,5, apakah nanti diserahkan seperti UASBN atau bagaimana," katanya.

Adapun Kepala Balitbang, Mansyur Ramli mengatakan, formula sudah final dan masih menunggu masukan dari masyarakat yang lain dalam menentukan bobot nilai UN dan NS. "Berapa besar bobot nilai UN dan NS-nya masih menunggu kelompok yang lain, nanti tepatnya di dalam Peraturan Menteri (Permen), Desember inilah. Setiap mata pelajaran ada batas nilai minimalnya, yaitu tidak boleh kurang dari angka 4," katanya. (Nasrul).
Sumber: http://www.kemdiknas.go.id/list_berita/2010/12/formulasi-un.aspx
Read More... Kemdiknas Sosialisasikan Formula Baru Ujian Nasional

Kuota Sertifikasi Guru 2011 Naik 50 Persen

.
2 komentar
Kuota Sertifikasi Guru Tahun 2010 Naik Menjadi 50%

Jakarta --- Pemerintah menaikkan target Kuota Sertifikasi Guru. Tahun 2011 kuotanya naik 50 persen, dari 200 ribu menjadi 300 ribu. Dengan kenaikan tersebut, maka pada 2015 diperkirakan pembayaran tunjangan profesi tidak kurang dari Rp60 triliun.

Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal pada peluncuran fasilitas komunikasi tatap muka jarak jauh (telepresence) di Kementerian Pendidikan Nasional Jakarta, Rabu (22/12 2010). Pada peluncuran fasilitas berbasis teknologi informasi dan komunikasi ini (TIK), Fasli berdialog dengan perwakilan 30 Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) di seluruh Indonesia. Fasilitas komunikasi ini digunakan untuk mempercepat koordinasi dan peningkatan kinerja di 30 LPMP.

Pada dialog, Fasli mendorong LPMP untuk terlibat aktif dalam menjalankan dua agenda penting Kemdiknas, yakni memastikan pendidikan karakter menjangkau 268 sekolah di seluruh Indonesia, dan penguatan pembelajaran yang merangsang inovasi dan kreativitas anak. "Peran guru berubah menjadi fasilitator yang memungkinkan anak menjadi tumpuan pembelajaran," katanya.

Adapun Direktur Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Dirjen PMPTK) Kemdiknas Baedhowi, meminta LPMP untuk berkoordinasi dengan dinas pendidikan kabupaten/kota, guna dapat memenuhi target pengumpulan berkas sertifikasi. Dia meminta agar berkas yang diusulkan telah memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK). "Supaya pelaksanaannya lancar," katanya.

Adapun untuk persiapan tunjangan profesi guru pada 2011, Beadhowi meminta agar LPMP sudah menyiapkan lampiran tunjangan 2011 baik yang akan dibiayai dinas pendidikan kabupaten/kota, maupun provinsi. "Termasuk sertifikasi 2010 agar di-cleaning (diverifikasi)," katanya.

Baedhowi melanjutkan, pihaknya segera mengirimkan surat dalam satu dua hari ini untuk meminta berkas kepada semua dinas kabupaten/kota yang akan diajukan tunjangan profesinya pada 2011. "Pembayaran tunjangan profesi para guru sudah harus dibayarkan pada Februari baik di kabupaten maupun provinsi," katanya. (agung)
Sumber: http://www.kemdiknas.go.id/list_berita/2010/12/sertifikasi.aspx
Read More... Kuota Sertifikasi Guru 2011 Naik 50 Persen

Selasa, 21 Desember 2010

Rumus Kelulusan antara Nilai UN dan Nilai Sekolah

. Selasa, 21 Desember 2010
2 komentar
Inilah Rumus Kelulusan antara Nilai UN dan Nilai Sekolah Tahun 2011

Pemerintah dan Badan Standar Pendidikan Nasional telah siap dengan formula baru penilaian kelulusan siswa dari satuan pendidikan. Untuk itu, pelaksanaan ujian nasional tahun ajaran 2010/2011 hanya dilaksanakan satu kali pada bulan Mei 2011.

Ujian nasional (UN) utama untuk SMA/SMK digelar pada minggu pertama Mei 2011, sedangkan untuk SMP pada minggu kedua Mei 2011. Adapun UN susulan bagi mereka yang belum mengikuti UN utama dilaksanakan satu minggu kemudian. Pada tahun ini UN ulangan ditidakan. Adapun ujian sekolah diadakan sebelum pelaksanaan UN.

Demikian perubahan yang terungkap dalam sosialisasi kebijakan UN Tahun Pelajaran 2010/2011 yang dilaksanakan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) dan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) di Jakarta.

Kegiatan tersebut selain untuk mensosialisasikan juga meminta masukan soal perubahan UN dari dinas pendidikan kota/kabupaten dan perguruan tinggi.Pemerintah memnag telah memgang formula baru. Namun, sebelum ditetapkan secara resmi, pemerintah dan BSNP meminta masukan dari daerah apakah perubahan dalam pelaksanaan UN 2011 bisa diterima dengan baik.

Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh mengatakan dengan adanya formula baru yang mengevaluasi siswa secara komprhensif selama tiga tahun belajar, polemik UN yang muncul tiap tahun diharapkan bisa berhenti.

"Kita nantinya mesti lebih fokus pada apa yang perlu dikerjakan atau diperbaiki dari hasil UN," ujar Nuh.

Ketua BSNP Djemari Mardapi mengatakan penilaian kelulusan antara UN dan hasil belajar di sekolah tidak lagi saling memveto, namun bisa saling membantu. Untuk itu, penilaian UN digabung dengan nilai dari sekolah.

Kelulusan siswa dari sekolah dengan melihat nilai gabungan rencananya dipatok minimal 5,5. Nilai gabungan merupakan perpaduan nilai UN dan nilai sekolah untuk setiap mata pelajaran UN.

Rumus yang ditawarkan pemerintah untuk nilai gabungan = (0,6 x nilai UN) + (0,4 x nilai sekolah). Nilai sekolah dihitung dari nilai rata-rata ujian sekolah dan nilai rapor semester 3-5 untuk tiap mata pelajaran UN.

Nuh mengatakan bobot UN mesti lebih besar dari nilai sekolah untuk mengontrol hasil kelulusan. Pasalnya, dari data-data yang ada masih banyak sekolah yang me-mark up nilai siswa.

Dengan formula baru ini, rencananya akan dipatok nilai tiap mata pelajaran minimal 4,00. Integrasi nilai UN dan nilai sekolah ini diharapkan jadi pendorong untuk menganggap penting semua proses belajar sejak kelas 1 hingga kelas 3.

Adapun kriteria kelulusan ujian sekolah diserahkan kepada sekolah. Nilai sekolah merupakan nilai rata-rata dari ujian sekolah dan nilai rapor semester 3-5 setiap mata pelajaran yang tidak diujikan dalam UN.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendiknas Mansyur Ramli mengatakan penilaian kelulusan siswa tidak lagi hasil potret evaluasi sesaat. Penilaian dilakukan selama proses belajar siswa di sekolah.

Sumber : www.tribunnews.com
Read More... Rumus Kelulusan antara Nilai UN dan Nilai Sekolah

Rabu, 15 Desember 2010

Persiapan Pelaksanaan Sertifikasi Guru Tahun 2011

. Rabu, 15 Desember 2010
1 komentar
Kuota Sertifikasi Guru dan Dosen Naik Signifikan.

Semarang, CyberNews. Kuota sertifikasi guru untuk tahun 2011, dipastikan naik secara signifikan hingga sejumlah 361.855 orang. Kenaikan ini berarti melebihi 75 persen dari tahun sebelumnya yakni 200 ribu. Selain itu, ada penambahan jalur sertifikasi selain portofolio, yakni melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Menurut Rektor IKIP PGRI Semarang yang juga salah satu pelaksana sertifikasi guru, Muhdi SH MHum, seiring naiknya jumlah kuota, maka ada pengetatan persyaratan kelulusan bagi guru yang mengikuti sertifikasi melalui jalur portofolio.

"Sementara jalur PPG dikhususkan untuk para calon guru alias lulusan (sarjana) kependidikan. Syarat kelulusan jalur ini pun cukup ketat. Agar nantinya benar-benar tercetak guru profesional, sebagaiman tuntutan Undang-Undang Nomor 14/2005 tentang Guru dan Dosen," katanya.

Seiring dengan naiknya kuota sertifikasi guru, tentu saja membuka peluang lebih besar bagi para guru untuk mengikuti sertifikasi. Terlebih, hingga kini guru yang tersertifikasi baru 23 persen dari jumlah total 2,7 juta guru yang terdata di Indonesia.

Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) yang diterapkan sejak 2006 dan diperuntukkan bagi guru yang tidak lolos portofolio, tutur dia, ada perubahan dengan memperbanyak workshop, subjek spesifik pedagogik, serta memperbaiki pelaksanaan pembelajaran (peer teaching).

"Saat ini, perguruan tinggi yang ditunjuk melaksanakan sertifikasi, sedang menyiapkan pelaksanaan, sambil menunggu Surat Keputusan dari Menteri Pendidikan Nasional. Diharapkan, SK tersebut segera turun, agar segera jelas juklaknya (petunjuk dan pelaksanaan)," ungkapnya, Selasa (14/12).

Pelaksanaan sertifikasi guru 2011 memang sengaja ada perubahan, termasuk membolehkan para calon guru mengikutinya. Hal ini menurut Muhdi, semata-mata untuk mencari bibit-bibit guru dari sumber yang lebih banyak dan lebih muda sehingga lebih enerjik dalam mendidik para siswa nantinya.

"Di samping itu, jika sertifikasi terus melalui portofolio, guru profesional yang tercetak pun berusia tua dan kurang bisa berdaya lebih lama," tandasnya.

Dikatakan pula, dalam rangka peningkatan penyelenggaraan sertifikasi guru, maka konsorsium sertifikasi sedang berupaya merancang perubahan. Diantaranya, tidak harus seluruh peserta sertifikasi melalui portofolio, mengumpulkan dokumen untuk dinilai. Melainkan jika merasa nilai yang akan dikumpulkan tidak memenuhi poin 850, bisa langsung ikut PLPG. ( Hadziq Jauhary /CN27 )
Sumber: http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2010/12/14/72991/Kuota-Sertifikasi-Guru-2011-Naik
Read More... Persiapan Pelaksanaan Sertifikasi Guru Tahun 2011

Sabtu, 11 Desember 2010

Jadwal Kuliah STKIP Minhajut Thullab Banyuwangi

. Sabtu, 11 Desember 2010
1 komentar
Jadwal Kuliah STKIP Minhajut Thullab Semester 1 2010-2011. Silakan download disini.
Read More... Jadwal Kuliah STKIP Minhajut Thullab Banyuwangi

Kamis, 09 Desember 2010

Tata Tertib Peserta Ujian CPNSD Banyuwangi 2010

. Kamis, 09 Desember 2010
0 komentar
Tata Tertib Peserta Ujian Akademis CPNSD
Kabupaten Banyuwangi Tahun 2010 Pelamar Umum

  1. Peserta wajib membawa tanda peserta dan kartu identitas diri serta menunjukkannya kepada panitia.
  2. Peserta ujian mengenakan pakaian : baju putih, celana/rok warna gelap dan bersepatu;
  3. Apabila ditemukan Nomor dan Nama Peserta Ujian yang tidak sesuai dengan Tanda Peserta Ujian (adanya kecurangan dan praktek per-joki-an) maka peserta yang bersangkutan dianggap GUGUR;
  4. Peserta harus duduk pada tempat yang telah ditentukan;
  5. Peserta menerima soal-soal ujian dan Lembar Jawaban Komputer (LJK) dari panitia;
  6. Peserta wajib menggunakan pensil 2B (asli) dalam mengisi formulir LJK, dan menggunakan karet penghapus untuk memperbaiki/ menghapus jawaban apabila dianggap salah dan tidak diperkenankan melakukan coretan-coretan pada lembar ujian maupun LJK;
  7. Peserta harus mencantumkan nomor dan nama peserta ujian pada LJK;
  8. Selama ujian berlangsung, peserta ujian dilarang :
  • Menggunakan buku, kalkulator, telepon genggam, atau alat lainnya yang dapat mengganggu ketenangan pelaksanaan ujian kecuali pensil 2B, rautan, alas tulis, dan penghapus;
  • Membawa senjata api/tajam atau sejenisnya, selama mengikuti ujian;
  • Bertanya/berbicara dengan sesama peserta;
  • Menerima/memberikan sesuatu dari/kepada orang lain tanpa seijin panitia, selama mengerjakan soal ujian;
  • Keluar ruangan, kecuali memperoleh izin dari panitia ujian;
  • Merokok dalam ruangan ujian;
  • Membawa pulang naskah soal ujian dan LJK yang disediakan.
  • Peserta akan didiskualifikasi setelah mendapat satu kali peringatan dan mengulanginya.
     9. Peserta Ujian Wajib:
  • Mengerjakan semua soal ujian yang tersedia sesuai dengan alokasi waktu;
  • Menandatangani LJK ditempat yang telah disediakan;
  • Mengisi daftar hadir peserta yang telah disediakan.
    10. Ujian dilaksanakan mulai pukul 07.00 WIB;
    11. Peserta diperbolehkan menjawab soal ujian setelah mendapat perintah dari panitia;
    12. Peserta terlebih dahulu membaca soal ujian dengan teliti dan cermat soal ujian yang
          diberikan oleh  panitia;
    13. Peserta yang terlambat kurang dari 30 (tiga puluh) menit setelah dimulainya ujian,
          diperbolehkan mengikuti ujian dengan tidak menambah waktu pelaksanaan ujian;
    14. Peserta yang terlambat lebih dari 30 (tiga puluh) menit setelah dimulainya ujian,
          TIDAK DIPERBOLEHKAN mengikuti ujian.
    15. Diwajibkan kepada peserta untuk membawa seluruh persyaratan yang telah
         ditentukan pada saat ujian, yaitu tanda peserta ujian dan kartu identitas diri
         (KTP/SIM). Apabila terdapat permasalahan dengan persyaratan tersebut,
          peserta agar hadir lebih awal (pukul 06.30 WIB) untuk pemeriksaan identitas
         diri dengan membawa ijazah asli.

  1. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2010 Kabupaten Banyuwangi.
  2. Prosedur Pengambilan Tanda Peserta Ujian Seleksi CPNSD Banyuwangi 2010.
  3. Tata Tertib Peserta Ujian Akademis CPNSD Kabupaten Banyuwangi 2010.

Read More... Tata Tertib Peserta Ujian CPNSD Banyuwangi 2010

Prosedur Pengambilan Tanda Peserta Ujian Seleksi CPNSD Banyuwangi 2010

.
1 komentar
1. Pengumuman bagi pelamar yang lulus seleksi administrasi diumumkan pada tanggal 8 Desember 2010 dapat dilihat di :
a. Website www.banyuwangikab.go.id;
b. Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Banyuwangi;
c. Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banyuwangi;
d. Kantor Kecamatan se-Kabupaten Banyuwangi;
e. Kantor Pos Banyuwangi.

2. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi wajib mengambil tanda peserta ujian di :
a. Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Banyuwangi Jln. KH. Agus Salim No. 20 A Banyuwangi
bagi pelamar dari formasi tenaga teknis ;
b. Kantor Lelang kabupaten Banyuwangi, Jln. KH. Agus Salim Banyuwangi bagi pelamar dari formasi
tenaga pendidikan;
c. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banyuwangi Jln. KH. Agus Salim Banyuwangi bagi
pelamar dari formasi tenaga kesehatan; pada tanggal 9 – 10 Desember 2010 mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB dengan persyaratan sebagai berikut :
a. Menyerahkan foto hitam putih ukuran 2 x 3 sebanyak 4 (empat) lembar ;
b. Pelamar mengambil tanda peserta ujian secara pribadi dan tidak dapat diwakilkan;
c. Pelamar wajib menunjukkan kartu identitas diri (KTP) asli serta menyerahkan 1 lembar fotocopy kartu
identitas diri (KTP) kepada panitia;
d. Sebelum mengambil tanda peserta ujian, pelamar wajib menyebutkan nomor peserta dan nomor
ruang ujian kepada panitia. Nomor peserta dan nomor ruang ujian dapat dilihat di www.banyuwangikab.go.id dan lembar pengumuman;
e. Pelamar wajib mengisi dan menandatangani tanda terima pengambilan tanda peserta ujian;

3. Bagi pelamar yang tidak mengambil tanda peserta ujian sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan, maka dianggap gugur.

  1. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2010 Kabupaten Banyuwangi.
  2. Prosedur Pengambilan Tanda Peserta Ujian Seleksi CPNSD Banyuwangi 2010.
  3. Tata Tertib Peserta Ujian Akademis CPNSD Kabupaten Banyuwangi 2010.

Read More... Prosedur Pengambilan Tanda Peserta Ujian Seleksi CPNSD Banyuwangi 2010

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2010 Banyuwangi

.
2 komentar
P E N G U M U M A N
Nomor : 810/2512/429.203/2010

Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Tim Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah Kabupaten Banyuwangi Formasi Tahun 2010 Nomor : 810/506/429.203/2010 tanggal 8 Desember 2010 tentang Penetapan Pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah Kabupaten Banyuwangi Formasi Tahun 2010 yang dinyatakan LULUS seleksi administrasi, dan berhak mengikuti ujian seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah Kabupaten Banyuwangi Formasi Tahun 2010, dapat di download melalui link berikut ini:

  1. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2010 Kabupaten Banyuwangi.
  2. Prosedur Pengambilan Tanda Peserta Ujian Seleksi CPNSD Banyuwangi 2010.
  3. Tata Tertib Peserta Ujian Akademis CPNSD Kabupaten Banyuwangi 2010.

Read More... Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2010 Banyuwangi

Peserta Ujian PTE VEPT SMKNDU Muncar

.
0 komentar
SMK Negeri Darul Ulum Muncar setiap tahunnya mengadakan Ujian Bahasa Inggris Tingkat Nasional yang bernama PTE (Proficiency Test of English)yang dahulu bernama Ujian PTE VEPT. Pada tahun ini Pelaksanaan Ujian PTE dilaksanakan pada hari Sabtu, 4 Desember 2010 di SMKN Darul Ulum Muncar. Pelaksanaan Ujian PTE SMKNDU Muncar bekerja sama dengan SMKN 1 Banyuwangi yang menjadi induk dari Pelaksanaan Ujian PTE Tingkat Kabupaten Banyuwangi.

Jumlah Peserta Ujian PTE dari SMK Negeri Darul Ulum Muncar Banyuwangi adalah 25 siswa dan 12 guru. Tim Pengawas yang hadir dari SMKN 1 Banyuwangi ada 2 orang yaitu Bapak Joko dan Ibu...? Wah Lupa belum kenalan.

Nach buat bapak Joko yang lagi membutuhkan Tempat dan Tanggal Lahir Peserta Ujian PTE Silakan lihat dan download disini. Suwun....
Read More... Peserta Ujian PTE VEPT SMKNDU Muncar

Kadispendikpora Banyuwangi Lantik Tim Pengembang Kurikulum dan Peningkatan Mutu Pendidikan

.
0 komentar
Kadispendikpora Banyuwangi Lantik
Tim Pengembang Kurikulum dan Peningkatan Mutu Pendidikan

Muhamadalisaifudin.blogspot.com. Bertempat di Aula SMAN 2 Genteng, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Kadispendikpora Drs. Sulihtiyono, M.Pd melantik Tim Pengembangan Kurikulum dan Peningkatan Mutu Pendidikan (TPKPMP) Kabupaten Banyuwangi. Dalam sambutannya, Kadispendikpora Banyuwangi, Drs.Sulihtiyono, M.Pd menyambut baik atas terbentuknya Tim Pengembangan Kurikulum dan Peningkatan Mutu Pendidikan (TPKPMP) Kabupaten Banyuwangi.

Selain bisa membantu tugas Dispendikpora Banyuwangi, kerja Tim tersebut diharapkan juga mampu membantu terwujudnya program pendidikan yang sejalan dengan Visi dan Misi Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Kadispendikpora Banyuwangi, juga berharap, usai dilantik, TPKPMP Banyuwangi, bisa langsung bekerja menjalankan tugasnya.

Sementara dalam sambutannya, Ketua Tim Pengembangan Kurikulum dan Peningkatan Mutu Pendidikan (TPKPMP) Kabupaten Banyuwangi, H. Mujib, S.Pd mengatakan, TPKPMP memiliki beberapa tugas. Diantaranya melatih dan membina secara terus menerus dalam mengembangkan KTSP Berbasis Pendidikan Karakter kepada Satuan Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah di wilayah Kabupaten Banyuwangi. "Selain itu, Tim TPKPMP Banyuwangi juga memantau dan memonitoring pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Berbasis Karakter di Banyuwangi," imbuhnya.

Pada Sambutan akhir yang diwakili oleh H. Masykur Ali, MM selaku Pembina 1 TPKPMP Banyuwangi yang juga salah satu penggagas terbentuknya TPKPMP, berharap agar tim sebisa mungkin bekerja secara maksimal. Dia berharap, Desember 2010, menjadi bulan KTPS Berbasis Karakter Bangsa. "Sehingga memalui KTSP Berbasis Karakter Bangsa, Pendidikan bukan hanya menghasilkan output yang pintar, tapi juga benar," tandasnya. Susunan Tim Pengembang Kurikulum dan Peningkatan Mutu Pendidikan Banyuwangi.

Ditulis Ulang Oleh Muhamad Ali Saifudin
Sumber: Dispendikbwi, Kadispendikpora Banyuwangi
Read More... Kadispendikpora Banyuwangi Lantik Tim Pengembang Kurikulum dan Peningkatan Mutu Pendidikan

Susunan Tim Pengembang Kurikulum dan Peningkatan Mutu Pendidikan Kabupaten Banyuwangi

.
0 komentar
Susunan Tim Pengembang Kurikulum dan Peningkatan Mutu Pendidikan
(TPKPMP) Kabupaten Banyuwangi

NoJabatanNamaKeterangan
1Penanggungjawab: Drs. Sulihtiyono, M.PdKadispendikpora
2Pengarah 1: Drs. Catur Pamarto, M.PdKabid Dikdasmen
3Pengarah 2: Drs. Suhud, AR,SH,MMKasi Dikdasmen
4Pengarah 3: Drs. H. Nur Akhwandi, MMKasi Dikdasmen
5Pembina 1: Drs. H. Masykur Ali, MMPengawas Dikmen
6Pembina 2: Husin Matamin, STKetua PGRI
7Pembina 3: Drs. Moh. Hasyim, MM,M.PdPengawas Dikmen
8Pembina 4: Drs. SularsoPengawas Dikmen
9Ketua: H. Mujib, S.PdKa. SMAN 2 Genteng
10Wakil 1: Drs. H. Moh. Rifa'i, M.PdGuru SMAN 2 Genteng
11Wakil 2: Drs. H. Ashadi, M.PdGuru SMAN 1 Cluring
12Sekretaris 1: Drs. SiswajiGuru SMAN Glagah
13Sekretaris 2: Suratno, S.Pd,MMKa. SMAN 1 Cluring
14Bendahara: Drs. H. Endi Rudiono, MMKa. SMPN 3 Siliragung

Tim Fasilitator SD/SMP/SMA/SMK
Koordinator: Drs. H. Triyono, MM (Pengawas Dikmen Banyuwangi)
Anggota Tim TPKPMP Banyuwangi


1Anggota TPKPMP: Drs. MujionoKa. SMAN Giri,Ketua MKKS
2Anggota TPKPMP: Drs. SubiyantoKa.SMPN 2 BWI,Ketua MKKS
3Anggota TPKPMP: Drs. Joko SulistionoKoor.Pengawas TK,SD Bwi
4Anggota TPKPMP: Drs. H. Ahmad RodliLP Ma'arif NU Banyuwangi
5Anggota TPKPMP: Nawahid, S.Pd,M.PdDikdasmen Muhammadiyah
6Anggota TPKPMP: Drs. SunartonoPerpenas 17 Agustus 1945 Bwi
7Anggota TPKPMP: Drs. Suparmin, SHStaf Kec. Purwoharjo
8Anggota TPKPMP: Drs. Istu HandonoKa. SMAN 1 Wongsorejo
9Anggota TPKPMP: M. Nur Syukroini, M.PdGuru SMAN Srono
10Anggota TPKPMP: Drs. H.Karimullah, M.PdKa. SMKN 1 Banyuwangi
11Anggota TPKPMP: Taufiq Santoso, ST, M.PdGuru SMKN 1 Glagah
12Anggota TPKPMP: Rusiyanto, S.PdGuru SMK Gajah Mada
13Anggota TPKPMP: Drs. H. SaroniGuru SMP 1 Genteng
14Anggota TPKPMP: Drs. Subiyantoro, M.PdKa. SMPN 2 Srono
15Anggota TPKPMP: Drs. SupriyadiKa. SMPN 2 Songgon
16Anggota TPKPMP: Sukisno, S.PdGuru SMPN 2 Siliragung
17Anggota TPKPMP: Drs. H. Sujianto, MMKa. SMPN 2 Genteng
18Anggota TPKPMP: Drs. Nurrohim, M.PdGuru SMPN 2 Kalipuro
19Anggota TPKPMP: Dra. Ririn IndriastutiGuru SDN 1 Gombengsari
20Anggota TPKPMP: Drs. H. Hanafi, M.PdKa. SDN 1 Genteng
21Anggota TPKPMP: Drs. Joko SubiyantoPengawas TK,SD Genteng
22Anggota TPKPMP: Drs. Jumu'ahPengawas TK,SD SIliragung
23Anggota TPKPMP: Drs. MukhiyarPengawas TK,SD Banyuwangi

Sambutan Kadispendikpora Banyuwangi dalam Pelantikan Tim Pengembang Kurikulum dan Peningkatan Mutu Pendidikan

Ditulis Ulang Oleh Muhamad Ali Saifudin
Sumber: Dispendikbwi, Kadispendikpora Banyuwangi
Read More... Susunan Tim Pengembang Kurikulum dan Peningkatan Mutu Pendidikan Kabupaten Banyuwangi

Selasa, 07 Desember 2010

Selamat Tahun Baru Islam 1432 H

. Selasa, 07 Desember 2010
2 komentar
Tahun Baru Hijriyah Dimulai Dari Tahun Hijrahnya Nabi Muhammad SAW Dari Makkah Ke Madinah, Ini Adalah Peristiwa Yang Bermakna, Yakni Tonggak Pemisah Antara Kondisi Jahiliyah Di Makkah Dan Kondisi Peradaban Islam Di Madinah. Pemisah dari Kekufuran Dan Iman, Kemusyrikan dan Ketauhidan, Haq dan Bathil. Semangat Hijrah Yang Dicontohkan Rasulullah SAW Hendaknya Terus Menyala Di Dada Umat Muhammad SAW Dengan Wujud Mereformasi Perselisihan Menjadi Persatuan, Kesombongan Menjadi Kerendahan Hati, Fanatisme Menjadi Tawassuth wal I'tidal. Sok Pintar Menjadi Tawadlu'. Semoga Allah SWT Memberikan Kekuatan Kepada Kita Untuk Melakukan Hijrah Menuju Masa Depan Yang Lebih Cemerlang, Agar Tercapai Kebahagiaan Dunia Dan Akhirat Dengan Ridlo-Nya. Selamat Berhijrah, 1 Muharram 1432 H. Selamat Tahun Baru Islam 1432 H.
Read More... Selamat Tahun Baru Islam 1432 H

Welcome to Banyuwangi; The Sunrise of Java

.
2 komentar
Banyuwangi Tourism: the Sunrise of Java 

Banyuwangi; The Sunrise of Java
BANYUWANGI - Dulu Banyuwangi terkenal sebagai Kota Pisang. Sebutan itu diberikan karena saat itu, sekitar tahun 1980-an, di Banyuwangi masih banyak pohon pisang. Hampir semua warga menanam pohon pisang. Baik di kebun ataupun di pekarangan rumah.

Sampai-sampai muncul nama pisang Sobo –orang di luar Banyuwangi menyebutnya pisang Kepok atau pisang Kapuk. Setelah era 90-an pohon pisang mulai berkurang. Seiring dengan hilangnya pohon pisang, sebutan Kota Pisang juga tidak lagi bergema.

Berbeda dengan julukan Banyuwangi sebagai Lumbung Padi Jatim. Karena sampai sekarang hasil panen padi Banyuwangi masih surplus, julukan itu tetap melekat. Bahkan, julukan itu sudah menasional menjadi begini: Jawa Timur adalah lumbung padi nasional. Lumbung padi Jawa Timur adalah Banyuwangi.

Nasib pisang dan padi sangat bertolak belakang. Pisang terpuruk, padi tetap eksis. Keterpurukan itu seharusnya tidak perlu terjadi jika mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah, c.q. dinas terkait.

Buktinya, Lumajang sampai sekarang bisa mempertahankan sebutan Kota Pisangnya. Sebutan layak disandang karena di sepanjang jalan Klakah kita bisa menjumpai puluhan lapak menjajakan pisang kayu khas Lumajang. Bentuknya besar dan super panjang.

Lunturnya julukan Kota Pisang Banyuwangi mengundang keprihatinan. Tak ketinggalan saya dan beberapa teman wartawan senior. Kami pun terlibat diskusi (tentu saja di sela-sela waktu memburu berita) intens sekali, terutama dengan almarhum Pomo Martadi –wartawan yang juga penyair.

Kesimpulannya, tidak mungkin bersikukuh menggunakan sebutan Kota Pisang. Akhirnya, kami sepakat untuk membuat sebutan baru. Yakni, Kota Gandrung. Karena terus kami pakai dalam berita, dalam sekejab kata Kota Gandrung langsung populer.

Tak lupa pula, dalam batang berita kami sering memasukkan julukan yang lain. Yakni, Bumi Blambangan. Secara bergiliran kata Kota Gandrung dan Bumi Blambangan kami gunakan untuk mengganti kata Banyuwangi yang disebut lebih dari satu kali.

Ada dua tujuan sekaligus yang ingin kami capai. Pertama, biar pembaca tidak bosan. Kedua, ikut melestarikan warisan budaya dan sejarah daerah ini.

Seperti halnya julukan Kota Pisang, belakangan julukan itu mulai terlupakan. Kali ini penyebabnya bukan kepunahan sebagaimana yang dialami pisang. Melainkan gerusan roda politik.

Tentu saja kita masih ingat kasus pembantaian orang-orang yang diduga sebagai dukun santet. Pelanggaran berat HAM di Banyuwangi itu terjadi akhir 1998. Menewaskan 148 orang. Hasil investigasi NU (Nahdlatul Ulama) menyebut sebagian besar korban merupakan guru mengaji.

Dari Banyuwangi kasus serupa merembet ke sepuluh daerah di Jawa Timur. Yakni, Situbondo, Bondowoso, Jember, Lumajang, Probolinggo, Pasuruan, Bangkalan, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep. Total korban meninggal akibat pembunuhan keji itu (termasuk di Banyuwangi) mencapai 235 orang, luka berat 32 orang, dan 35 orang luka ringan.

Peristiwa yang kental nuansa politiknya itu langsung memopulerkan Banyuwangi sebagai Kota Santet. Sangat menyeramkan. Dalam beberapa tahun setelah peristiwa tersebut, orang takut pergi ke Bumi Blambangan. Orang-orang di luar Banyuwangi juga curiga terhadap orang dari Kota Gandrung yang sedang merantau di daerahnya.

Peristiwa politik berikutnya yang mencuatkan nama Banyuwangi adalah aksi anarkis kepada Gus Dur (KH Abdurahman Wahid). Peristiwa yang dialami presiden keempat RI itu terjadi di Gedung Wanita Paramita Kencana beberapa tahun silam.

Konon, insiden tersebut terjadi akibat perseteruan dua kubu di PKB. Dan, konon pula perpecahan pengurus PKB Banyuwangi itu tercatat sebagai perpecahan pertama di Indonesia. Kita tahu, setelah itu DPP PKB pecah dan kedua pihak terlibat perseteruan yang panjang.

Rentetan peristiwa politik itu menahbiskan Banyuwangi sebagai Kota Wisata Politik. Tepatnya, wisata perseteruan politik. Bahkan, wisata kerusuhan! Ingat, saat para pendukung Gus Dur mengamuk dan menutup pelabuhan penyeberangan Ketapang. Akibatnya, aktivitas penyeberangan Ketapang-Gilimanuk terhenti total selama belasan jam. Juga aksi penolakan kedatangan Amien Rais.

Pendek kata, apa yang terjadi di Banyuwangi selalu mengundang perhatian pemerintah pusat. Bahkan, lebih dari itu. Menjalar ke pusat. Jika Banyuwangi menggeliat, pusat ikut menggeliat. Bahkan, bergejolak. Rekaman peristiwa demi peristiwa yang tercatat di cakram otak itu menginspirasi saya.

Maka, lahirlah kalimat ini: Banyuwangi, The Sunrise of Java. Fenomena yang terjadi di Banyuwangi hampir selalu menginspirasi kota atau daerah lain di Jawa, bahkan pemerintah pusat.

Banyuwangi sudah seperti mataharinya seluruh wilayah pulau Jawa. Di pagi hari, orang-orang di Jember sampai Jakarta tidak akan pernah melihat matahari sebelum orang Banyuwangi melihatnya.

Ini artinya, Banyuwangi selalu yang pertama. Nah, begitulah inti filosofi kalimat yang menurut saya bisa menjadi salah satu alternatif julukan baru Banyuwangi itu. Tinggal menggeser saja. Kalau sebelumnya rentetan peristiwa negatif, sekarang harus diganti dengan yang positif.

Dengan modal kekayaan alam melimpah berupa laut, kebun, sawah, dan pariwisata kelas dunia sudah saatnya Banyuwangi menjadi matahari (sumber inspirasi bagi daerah lain) dalam memajukan daerah. Yakni, kemajuan yang menyejahterakan rakyatnya. Dan, akhirnya saya ucapkan, ‘’Welcome to The Sunrise of Java’’.

Sumber: http://radarbanyuwangi.co.id/index.php/artikel-radar/52-internal/125-the-sunrise-of-java
Read More... Welcome to Banyuwangi; The Sunrise of Java

Senin, 06 Desember 2010

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam

. Senin, 06 Desember 2010
4 komentar
Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1432 H
Selamat Tahun Baru Islam 1432 H

Mungkin banyak dari kita mendengar mengenai doa awal dan akhir tahun ini, dan banyak dari anda juga mendarat di web saya untuk mencari info mengenai hal tersebut. Saya selama ini juga membaca doa tersebut dibawah ini pada awal dan menutup akhir tahun hijriah, hingga pada satu masa saya mencari info mengenai hadist sahihnya karena kawatir info yang saya sebarkan menjadi suatu hal yang ritual yang bid’ah. Karena kita semua tahu bahwa DO’A kebaikan sangat boleh di baca, baca, baca, kapan pun sewaktu-waktu, dan permohonan kebaikan sangat boleh diminta, diminta, diminta kapanpun kepada Allah SWT kapanpun manusia mau.

Oleh karena itu, saya memperoleh suatu informasi yang sangat bagus, mengenai doa awal tahun dan akhir tahun. Silahkan anda meluncur ke web tersebut ini. Kesimpulan dari informasi yang saya dapatkan (bukan hanya dari web tersebut) saya berpendapat bahwa doa di awal dan akhir tahun boleh dibaca, namun tidak khusus untuk awal tahun atau akhir tahun saja, boleh kapanpun kita membaca doa yang baik dan memohon kepada Allah kapanpun jua Dan hanya Allah saja Maha Mendengar dan yang dapat mengabulkan setiap do’a, bahkan dalam bahasa apapun kita memohon, dan kita dapat merujuk pada sunnah Rasulullah untuk melihat adab berdoa dan do’a do’a yang baik karena Rasulullah adalah kekasih Allah yang selalu mustajab do’a nya. Tidak ada ritual khusus menyambut awal tahun hijriah karena Rasulullah SAW tidak mengajarkan demikian.

Manusia tidak pernah luput dari dosa. Dan awal tahun hijriah bisa di jadikan momentum untuk kita semua bermunasabah (introspeksi) dan berhijrah menjadi pribadi yang lebih baik dimasa datang. Bahkan introspeksi adalah hal yang dapat kita lakukan pula kapanpun setiap saat, disetiap detik napas kita hirup. Semoga Allah memberikan selalu kebaikan dunia dan diakhirat untuk kita. Rabbana atina fid dunya hasanah wa fil akhirati hasanah wa qina adzaa bannar.

“Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami Muhammad, keluarga, dan sahabatnya. Wahai Allah, segala yang telah kukerjakan selama tahun ini dari apa yang menjadi laranganMu, sedang kami belum bertaubat, padahal Engkau tidak melupakannya dan Engkau bersabar (dengan kasih sayangMu), yang sesungguhnya Engkau berkuasa memberikan siksa untuk saya, dan Engkau telah mengajak saya bertaubat sesudah melakukan maksiat. Karena itulah ya Allah, saya mohon ampunan Mu dan berilah ampunan kepada saya dengan kemurahanMu. segala apa yang telah saya kerjakan selama tahun ini, berupa amal perbuatan yang Engkau ridhai dan Engkau janjikan akan membalasnya dengan pahala, saya mohon kepadaMu, wahai Dzat yang Maha Pemurah, wahai Dzat yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan, semoga berkenan menerima amal kami kepadaMu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah. Dan semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan atas penghulu kami Muhammad, keluarga dan sahabatnya.” 



”Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Berilah rahmat dan kesejahteraan atas penghulu kami Muhammad, keluarganya dan sahabatnya. Wahai Allah, Engkau Dzat yang kekal abadi, Maha Dahulu dan Maha Awal dan dengan anugerahMu yang besar dan kemurahanMu yang dibutuhkan. Ini tahun baru telah tiba, (karena itu, wahai Allah) kami mohon kepadaMu penjagaan sepanjang tahun ini dari setan, kekasih dan bala tentaranya, dan berilah pertolongan untuk menghindarkan diri dari nafsu yang mengajak melakukan kejahatan. Dan bimbinglah kami dengan segala pekerjaan yang dapat mendekatkan saya kepadaMu dengan sedekat-dekatnya, wahai Dzat yang memiliki kebesaran dan kemuliaan. Dan semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada junjungan kami Muhammad, keluarganya dan sahabatnya.”

Mohon maaf bila ada kesalahan dan khilaf, Hanya Allah Yang Maha Mengetahui. Mari saling introspeksi karena kita semua pelajar kehidupan hingga menutup mata. Semoga kita semua lulus ujian hidup dengan nilai baik.
Sumber: http://dini.isnandi.net/2008/12/28/selamat-tahun-baru-hijriah-doa-akhir-dan-awal-tahun/
Read More... Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam
 

Tamu Kampung Inggris

Traffic Pidato Inggris

Komentar Terbaru Sobat Setia Muhamad Ali Saifudin

All right reserved Muhamad Ali Saifudin is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com