Foto Saya
Muhamad Ali Saifudin
Guru Bahasa Inggris SMKN Darul Ulum Muncar, Menginspirasi Guru, Memotivasi Siswa. Dari Ujung Timur Pulau Jawa, Wringinputih Muncar Banyuwangi.
Lihat profil lengkapku

Selamat Datang di Weblog Muhamad Ali Saifudin *)

Penulis berusaha menyajikan berbagai informasi tentang Pendidikan, Belajar Bahasa Inggris, Informasi SMK, NUPTK, Sertifikasi Guru, Wisata, Tips dan Trik. Motto Penulis "Yang Abadi adalah Perubahan dan yang Pasti adalah Ketidakpastian, Siapa yang tidak Berani Berubah tidak akan Memiliki Kepastian".

Copy Paste artikel Tips Trik Wisata Belajar Pidato Bahasa Inggris SMK dalam blog ini boleh asal:

1). Memuat nama penulis Muhamad Ali Saifudin.
2). Menyertakan alamat http://muhamadalisaifudin.blogspot.com ke sumber artikel yang ditulis
.
3). Kritik dan Saran Tips Trik Wisata Belajar Pidato Bahasa Inggris SMK Klik Disini
*) Muhamad Ali Saifudin tinggal di http://muhamadalisaifudin.blogspot.com

Kamis, 24 Januari 2008

Upacara Kebo Keboan Alasmalang Banyuwangi

. Kamis, 24 Januari 2008
UPACARA ADAT KEBO-KEBOAN
Rabu, 23 Januari 2008 Di sepanjang jalan utama Desa Alasmalang Kecamatan Singojuruh pada hari minggu (20/01/08) dialiri air yang dikeluarkan dari pompa air yang ada di desa tersebut sehingga jalanan utama desa itu becek seperti tanah sawah yang akan ditanami padi, kemudian muncul orang-orang dengan wajah dan tubuhnya yang hitam legam dan dikepalanya terdapat tanduk seperti kerbau menyusuri jalanan tersebut yang dihalau oleh para petani lengkap dengan bajaknya. Walaupun demikian banyak sekali orang-orang yang datang dari berbagai wilayah di Banyuwangi memadati jalan tersebut. Bahkan Bupati Banyuwangi beserta beberapa pejabat Pemkab, Kapolres dan Dandim 0825 Banyuwangi turut hadir menyaksikan.

Kejadian tersebut merupakan salah satu prosesi upacara adat Kebo-keboan yang dilaksanakan setiap tahun oleh warga Desa Alasmalang. Awalnya upacara adat ini dilaksanakan untuk memohon turunya hujan saat kemarau panjang, dengan turunnya hujan ini berarti petani dapat segera bercocok tanam.

Prosesi upacara ini diawali dengan selamatan ditengah jalan kampung pada pagi hari, terdapat sesaji, kue dan nasi tumpeng yang diberi do’a yang dipimpin oelh seorang kyai / tokoh adapt desa, kemudian tumpeng dibagikan kepada para pengunjung dan masyarakat sekitar. Kue dan makanan disiapkan oleh masing-masing keluarga dan disajikan untuk para tamu dan famili yang berkunjung. Selanjutya acara dilanjutkan dengan “Idher Bumi” yang diikuti oleh beberapa orang laki-laki yang berbadan tegap yang berdandan dan bertingkah laku seperti kerbau. Tubuh mereka dicat dengan cat hitam sehingga kelihatan hitam legam.

Sebagai puncaknya adalah prosesi membajak sawah dan menanam bibit padi di persawahan. Orang-orang yang bertingkah seperti kerbau tadi dapat kesurupan dan mengejar siapa saja yang mencoba mengambil bibit padi yang ditanam. Warga masyarakat Desa Alasmalang berusaha berebut bibit padi tersebut, karena dipercaya dapat digunakan sebagai tolak-balak maupununtuk keuntungan.
Sumber: Radar Banyuwangi Foto: http://romdan.files.wordpress.com

Artikel Terkait

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Pengunjung Mohon Meninggalkan Jejak Untuk Silaturrahmi Balik.

 

Tamu Kampung Inggris

Traffic Pidato Inggris

Komentar Terbaru Sobat Setia Muhamad Ali Saifudin

All right reserved Muhamad Ali Saifudin is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com