Foto Saya
Muhamad Ali Saifudin
Guru Bahasa Inggris SMKN Darul Ulum Muncar, Menginspirasi Guru, Memotivasi Siswa, Mencintai Cinta. Dari Ujung Timur Pulau Jawa, Wringinputih Muncar Banyuwangi.
Lihat profil lengkapku

Selamat Datang di Weblog Muhamad Ali Saifudin *)

Penulis berusaha menyajikan berbagai informasi tentang Pendidikan, Belajar Bahasa Inggris, Informasi SMK, NUPTK, Sertifikasi Guru, Wisata, Tips dan Trik. Motto Penulis "Yang Abadi adalah Perubahan dan yang Pasti adalah Ketidakpastian, Siapa yang tidak Berani Berubah tidak akan Memiliki Kepastian".

Copy Paste artikel Tips Trik Wisata Belajar Pidato Bahasa Inggris SMK dalam blog ini boleh asal:

1). Memuat nama penulis Muhamad Ali Saifudin.
2). Menyertakan alamat http://muhamadalisaifudin.blogspot.com ke sumber artikel yang ditulis
.
3). Kritik dan Saran Tips Trik Wisata Belajar Pidato Bahasa Inggris SMK Klik Disini
*) Muhamad Ali Saifudin tinggal di http://muhamadalisaifudin.blogspot.com

Sabtu, 11 Juni 2011

Persiapan Sertifikasi Guru Tahun 2012

. Sabtu, 11 Juni 2011
Informasi, Kuota dan Ketentuan Pelaksanaan Sertifikasi Guru Tahun 2012

Info terbaru bagi para guru yang belum bersertifikasi, berita ini berasal dari BP SDMP & PMP (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan), yang merupakan Badan di bawah Kemendiknas sebagai pengganti PMPTK, namun hanya memiliki 2 tugas (untuk Pusat Profesi Pendidik)dari 8 tugas yang dulu dimiliki oleh PMPTK, yaitu : Sertifikasi Guru dan Peningkatan Kompetensi.

Sedang 6 tugas lainnya diampu oleh Sekjen dan 3 Dirjen lainnya (Dikdas, Dikmen dan PAUDNI), yaitu masalah peningkatan kualifikasi, tunjangan, perencanaan kebutuhan guru, , harlindung, pengembangan karir dan maslahat tambahan.

Dan tambahan tugas lainnya adalah : Evaluasi Kinerja Guru, Diklat Penguatan KS dan PS (Pustendik) dan EDS (Evaluasi Diri Sekolah- tugas bagi PusPMP)

Ya ini adalah sebagian informasi yang diperoleh dari Sinkronisasi Program BP SDMP & PMP di Jogjakarta pada 30 Mei s.d. 1 Juni 2011. Bagi Para Guru yang belum mengikuti Sertifikasi Guru, berikut informasinya:
  1. Kuota sertifikasi guru tahun 2012 secara nasional akan meningkat menjadi 400.000.
  2. Penetapan peserta akan spenuhnya menggunakan NUPTK Online, untuk itu kini akan, sedang atau telah dilatih operator NUPTK di setiap UPT pendidikan kecamatan untuk membantu updating data guru di masing-masing kecamatan, karena penetapan peserta akan sergur akan berbasis NUPTK sepenuhnya.
  3. Bagi guru yang baru menyelesaikan S1 segera melakukan penyesuaian/updating datanya, agar data NUPTK Online nya sesuai dengan yang dimiliki.
  4. Proses Sergur 2012 sama seperti 2011 dengan 3 jalur Langsung, PF dan PLPG. Dan sebagian besar (99%) dengan PLPG.
  5. Karena itu LPTK penyelenggara PLPG minta agar data peserta telah mereka terima pada Januari 2012, karena PLPG dengan jumlah peserta yang meningkat tentu membutuhkan waktu lebih lama. Sehingga PLPG harus dimulai paling lambat pada bulan Pebruari 2012. Dengan demikian proses pendataan untuk penetapan peserta, sosialisai dan lain sebagainya harus maju pada bulan Juni 2011, dan data akan terkunci pada Oktober 2011. Jadwal tentatifnya silakan DOWNLOAD DISINI.
  6. Sesuai Permendiknas tentang Sertifikasi Guru, Sergur bagi guru dalam jabatan yang non S1 hanya selama 5 tahun , maka akan berakhir pada kuota tahun 2013, jadi praktis Sergur bagi guru dalam jabatan untuk kuota tahun 2014 semua peserta adalah S1.
  7. Persyaratan peserta sama dengan tahun 2011, yang disesuaikan adalah masa kerja minimal 7 tahun. 
  8. Guru peserta Sergur kuota 2011 yang tidak lulus dapat ikut kembali setelah 2 tahun atau ikut kuota 2013.
  9. Untuk GTY dan Guru PNS yang memiliki tmt tahun 2006 dan sudah S1, dapat mengikuti Sergur dengan jalur PPG (Pendidikan Profesi Guru) dengan swa dana antara 12 sd 15 juta dengan mendaftar ke LPTK pada Juli 2011 ini sesuai dengan program studi dan kuota yang telah ditentukan, dan mendapat cuti selama 1 tahun.
  10. Secara nasional kuota PPG 2011 sejumlah 13,020 (khusus untuk guru tmt 2006, S1) menyebar di semua LPTK di Indonesia yang telah terakreditasi B, dengan rata-rata per prodi 60.
  11. Untuk guru TMT tahun 2007 dst bersabar menunggu giliran PPG tahun berikutnya atau kebijakan lebih lanjut.[sitimasruroh]

Semoga bermanfaat....

Artikel Terkait

16 komentar:

agus fajar mengatakan...

Apakah PPG itu wajib bagi angkatan 2006 keatas...?

Anonim mengatakan...

plpg.

AGUS SALIM mengatakan...

salam kenal boleh minta dikirim email panjenengan agar tidak lupa webnya

daokeh mengatakan...

tanya pak kuota sergu 2012 untuk kab. sidoarjo apa sdh bisa downloud?

SHODIK mengatakan...

semoga semuanya lancar dan sukses ... amin3x

Anonim mengatakan...

apakah saya bisa ikut sertifikasi jika saya tidak punya sk gty dr skolah yglama smentara sya punya pengalaman dr th 2003 sd skrg dr skolah yg baru ini jd gmana?

Muhamad Ali Saifudin mengatakan...

Persyaratan Umum
a. Guru yang masih aktif mengajar di sekolah di bawah binaan Kementerian Pendidikan Nasional yaitu guru yang mengajar di sekolah umum, kecuali guru Agama. Sertifikasi guru bagi guru Agama (termasuk guru Agama yang memiliki NIP 13) dan semua guru yang mengajar di Madrasah (termasuk guru bidang studi umum yang memiliki NIP 13) diselenggarakan oleh Kementerian Agama dengan kuota dan aturan penetapan peserta dari Kementerian Agama. Sesuai Surat Edaran Bersama Direktur Jenderal PMPTK dan Sekretaris Jenderal Departemen Agama Nomor SJ/Dj.I/Kp.02/1569/2007, Nomor 4823/F/SE/2007 Tahun 2007.

b. Guru yang diangkat dalam jabatan pengawas dengan ketentuan:
1) bagi yang bukan dari guru harus diangkat sebelum berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru (1 Desember 2008), atau
2) bagi yang diangkatsetelah berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru tetapi memiliki pengalaman formal sebagai guru.

Muhamad Ali Saifudin mengatakan...

Persyaratan Khusus untuk Uji Kompetensi melalui Penilaian Portofolio
a. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dari program studi yang memiliki izin penyelenggaraan
b. Memiliki masa kerja sebagai guru (PNS atau bukan PNS) minimal 5 tahun pada suatu satuan pendidikan dan pada saat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen terbit yang bersangkutan sudah menjadi guru. (Contoh perhitungan masa kerja lihat urutan prioritas penetapan peserta pada Buku 1 Pedoman Penetapan Peserta, BAB III)
c. Guru dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan yang belum memiliki kualifikasi akademik S-1/D-IV apabila sudah:
1) Pada 1 Januari 2010 mencapai usia 50 tahun dan mempunyai pengalaman kerja 20 tahun sebagai guru, atau
2) Mempunyai golongan IV/a atau memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/a.

ach. Wahyudi mengatakan...

assalam... Sistem pendaftaran sergu 2012 apa secara otomatis dirangking dr nuptk atu masih melalui tahap pendaftaran ke dinas spt thn kemarinassalam... Sistem pendaftaran sergu 2012 apa secara otomatis dirangking dr nuptk atu masih melalui tahap pendaftaran ke dinas spt thn kemarin

diana mengatakan...

bingung....masa kerja dari januari 2005..tp kok masih lum masuk daftar calon sergur,ya..???sebenarnya kriterianya apa sih??

waloetz mengatakan...

terima kasih..
salam kenal pak.

Waloetz

Anonim mengatakan...

kapan ujian kompetensi guru dilaksanakan untuk sertifikasi guru 2012 pa?apaka serentak dilaksanakannya?

trims guru Kab.Tangerang

Anonim mengatakan...

kapan diselenggaraakan diklat bagi guru yang lulus uka tahun 2012

Muhamad Ali Saifudin mengatakan...

Diklat atau Plpg Bagi Guru Yang Lulus Ujian Kompetensi Awal Tahun 2012 Menurut sumber dari Kemdiknas: Plpg 2012 Yang Lulus UKA 2012 Paling Cepat Dilaksanakan Pada Juni 2012. Dan Bagi Semua Yang Lulus Uji Kompetensi Awal 2012 Dapat Mengikuti Plpg Tahun 2012. InsyaAllah... Beritanya silakah lihat
PLGP Juni 2012

luther mengatakan...

assalamu alaikum,pak ada gak arsi soal atau contoh soal post tes

Nurdin Jamal mengatakan...

Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar sumatra selatan, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 30 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no tlp Bpk EDI SUJITNO yang bekerja di BKN pusat yang di kenalnya di intenet dan juga mengurusnya jadi PNS saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengiri berkas saya melalui email, Satu minggu kemudia saya sudah ada panggilan kejakarta untuk ujian, alhamdulillah SK saya akhirnya keluar, sebagai ucapan terima kasih saya pada pak Edi setiap saya dapat ruangan pasti saya berkomentar tentang dia, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya Hubungi saja Bpk Dr.EDI SUJITNO SH,Msi Tlp: 021-40403237 Hp: 0812-43477455

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Pengunjung Mohon Meninggalkan Jejak Untuk Silaturrahmi Balik.

 

Tamu Kampung Inggris

Traffic Pidato Inggris

Komentar Terbaru Sobat Setia Muhamad Ali Saifudin

All right reserved Muhamad Ali Saifudin is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com