Foto Saya
Muhamad Ali Saifudin
Guru Bahasa Inggris SMKN Darul Ulum Muncar, Menginspirasi Guru, Memotivasi Siswa. Dari Ujung Timur Pulau Jawa, Wringinputih Muncar Banyuwangi.
Lihat profil lengkapku

Selamat Datang di Weblog Muhamad Ali Saifudin *)

Penulis berusaha menyajikan berbagai informasi tentang Pendidikan, Belajar Bahasa Inggris, Informasi SMK, NUPTK, Sertifikasi Guru, Wisata, Tips dan Trik. Motto Penulis "Yang Abadi adalah Perubahan dan yang Pasti adalah Ketidakpastian, Siapa yang tidak Berani Berubah tidak akan Memiliki Kepastian".

Copy Paste artikel Tips Trik Wisata Belajar Pidato Bahasa Inggris SMK dalam blog ini boleh asal:

1). Memuat nama penulis Muhamad Ali Saifudin.
2). Menyertakan alamat http://muhamadalisaifudin.blogspot.com ke sumber artikel yang ditulis
.
3). Kritik dan Saran Tips Trik Wisata Belajar Pidato Bahasa Inggris SMK Klik Disini
*) Muhamad Ali Saifudin tinggal di http://muhamadalisaifudin.blogspot.com

Jumat, 19 Agustus 2011

Guru Nge-Blog, Siswa Go-Blog

. Jumat, 19 Agustus 2011
Satu Guru Satu Blog, Satu Siswa Satu Blog
(SaGuSaB, SaSiSaB)

Guru Nge-Blog, Siswa Go Blog, Semua Go Blogging
Nge-blog bagi sebagian orang yang tidak pernah menikmati proses membuat sesuatu, senang mengembangkan ide kreatif serta enggan berdiskusi, menganggap nge-blog merupakan kegiatan yang membuang-buang waktu saja.

Pada dasarmya, nge-blog mampu menumbuhkan sensasi tersendiri, mengembangkan kreatifitas berpikir serta mampu menumbuhkan kepercayaan diri. Menikmati membuat atau menuliskan sesuatu mampu menumbuhkan kebahagiaan, sehingga membuat hati gembira. Mampu mengurangi pikiran negatif serta mampu menumbuhkan positif thingking.

Saat ini masih sedikit guru yang aktif nge-blog. Padahal di dalam proses belajar banyak sekali ide kreatif yang muncul untuk dituliskan dan dipostingkan di blog. Andai semua guru mampu menuangkan ide dan pengalaman mengajarnya di blog kemungkinan besar tujuan pendidikan nasional akan segera tercapai.

Dengan nge-blog kita bisa berbagi pengalaman dan berbagi semangat mengajar. Dengan tehnologi yang ada saat ini, guru di P Jawa sewaktu-waktu bisa berbagi pengalaman dengan teman guru dari luar P Jawa. Guru-guru desa belajar pada guru-guru sekolah RSBI. Begitu juga sebaliknya. Saat ini belajar tidak lagi dibatasi ruang dan waktu.

Bukan hanya berbagi dengan teman-teman guru namun mampu berbagi semangat dengan siswa, baik yang berasal dari satu sekolah maupun dari sekolah yang lain. Baik yang berada dalam kota maupun luar kota, bahkan yang berasal dari satu pulau maupun dari luar pulau.

Apabila dalam satu sekolah terdapat lebih dari satu guru yang nge-blog mampu mengembang semangat siswa go-blog. Berdasarkan pengalaman saya sendiri, sejak dua tahun yang lalu saya kembangkan SASISAB (Satu Siswa Satu Blog), meskipun lambat namun pasti, setiap tahun menunjukkan kenaikan yang signifikan. Sebagian besar siswa-siswa mampu melahirkan ide-ide kreatif di setiap postingannya. Sehingga gurupun bisa melakukan blogwalking di blog-blog siswanya. Bahkan meskipun siswa telah menjadi alumni hubungan silaturahmi masih terjaga.

Untuk mengembang semangat menulis siswa memang diperlukan perjuangan tersendiri. membutuhkan kesabaran dan keuletan. Menulis bisa dijadikan hiburan, pekerjaan, kebutuhan, ibadah, dll. Dengan membiasakan menulis berarti telah menunjukkan suatu bentuk kreatifitas dalam kehidupan ini.

Andai semua guru nge-blog maka semakin banyak siswa yang berani go-blog, menuliskan ide-idenya dengan tujuan berbagi. mampu menikmati proses membuat sesuatu, mengembangkan semangat berdiskusi serta mampu mengembangkan imaginasi.

Harapan ke depan guru nge-blog mampu melahirkan siswa-siswa kreatif dan inovatif serta berani berpikir beda.[edukasi.kompasiana][gambar:renandi.wordpress.com]

Artikel Terkait

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Pengunjung Mohon Meninggalkan Jejak Untuk Silaturrahmi Balik.

 

Tamu Kampung Inggris

Traffic Pidato Inggris

Komentar Terbaru Sobat Setia Muhamad Ali Saifudin

All right reserved Muhamad Ali Saifudin is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com