Foto Saya
Muhamad Ali Saifudin
Guru Bahasa Inggris SMKN Darul Ulum Muncar, Menginspirasi Guru, Memotivasi Siswa, Mencintai Cinta. Dari Ujung Timur Pulau Jawa, Wringinputih Muncar Banyuwangi.
Lihat profil lengkapku

Selamat Datang di Weblog Muhamad Ali Saifudin *)

Penulis berusaha menyajikan berbagai informasi tentang Pendidikan, Belajar Bahasa Inggris, Informasi SMK, NUPTK, Sertifikasi Guru, Wisata, Tips dan Trik. Motto Penulis "Yang Abadi adalah Perubahan dan yang Pasti adalah Ketidakpastian, Siapa yang tidak Berani Berubah tidak akan Memiliki Kepastian".

Copy Paste artikel Tips Trik Wisata Belajar Pidato Bahasa Inggris SMK dalam blog ini boleh asal:

1). Memuat nama penulis Muhamad Ali Saifudin.
2). Menyertakan alamat http://muhamadalisaifudin.blogspot.com ke sumber artikel yang ditulis
.
3). Kritik dan Saran Tips Trik Wisata Belajar Pidato Bahasa Inggris SMK Klik Disini
*) Muhamad Ali Saifudin tinggal di http://muhamadalisaifudin.blogspot.com

Senin, 26 Maret 2012

Pencairan Tunjangan Sertifikasi Guru Tahap 1 Tahun 2012 Dibayarkan Bulan April 2012

. Senin, 26 Maret 2012
JAKARTA - Para guru penerima tunjangan profesi pendidik (TPP) tidak perlu lama-lama menunggu rapelan pencairan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meminta TPP dicairkan tepat waktu. Yaitu dirapel tiga bulan sekali. Untuk tahap pertama, dijadwalkan cair bulan depan.

Mendikbud Mohammad Nuh menjelaskan, tahun ini tidak perlu lagi ada kasus keterlambatan pencairan TPP. Selain itu, dia berharap skenario pencairan TPP yang dirapel tiga bulan sekali tidak kacau seperti tahun lalu. Dia menjelaskan, tahun ini diharapkan seluruh guru penerima TPP tidak lama-lama menunggu pencairan rapelan.

Dia menjelaskan, pada tahap pertama TPP diterima April depan. TPP yang dikucurkan bulan depan itu merupakan rapelan sejak Januari, Februari, dan Maret. Sedangkan untuk tahap kedua nanati, TPP dijadwalkan cair pada Juli. Lalu untuk tahap ketiga TPP cair pada Oktober, Kemudian gelombang terakhir pencairan TPP peride 2012 dijadwalkan Desember. "Harus dipaskakan untuk bisa dicairkan sesuai aturan. Yaitu dirapel tiga bulan sekali," tegas mantan Rektor ITS itu.

Dia mengatakan, tahun lalu masih ada keluhan jika TPP dicairkan setahun sekali. Sekitar penghujung Ramadhan menjelang Idul Fitri. Muncul dugaan, uang yang sejatinya sudah disetor oleh pemerintah pusat ini ditimbun dulu oleh pemerintah kabupaten atau kota untuk dikeruk bunga simpanannya.

Nuh mengatakan, pihaknya mulai tahun ini akan memantau lebih dalam terkait pencairan TPP ini. Dia sudah berkoordinasi dengan Inspektorat Jendral (Itjen) Kemendikbud untuk menelusuri jika ada pencairan TPP yang nyangkut. Kerja dari Itjen Kemendikbud ini akan melihat perkembangan pada April nanti. Jika ternyata sudah tersalurkan ke guru, maka proses pencairan TPP sudah berjalan baik. Sebaliknya, jika masih ada guru yang belum menerima TPP berarti ada persoalan di daerah.

Sementara terkait persoalan klasik yaitu jumlah nominal TPP tidak sama dengan gaji pokok Nuh mengatakan terkendalam persoalan pendataan. Dia mengatakan, TPP untuk pencairan 2012 ini sudah disusun pada atau direncanakan pada 2011 lalu.

Sehingga, data yang digunakan adalah gaji guru PNS pada 2011. Tapi, pada kenyataannya selama 2012 telah terjadi kenaikan pangkat pada sejumlah PNS. Nah, di sinilah letak persoalan ini. Dia masih terus berkoordinasi untuk mencai formulasi untuk mengantisipasi ketidak cocokan antara nominal TPP dengan gaji pokok PNS.

Seperti diketahui, besaran TPP setiap bulan untuk guru PNS diterima sebesar satu kali gaji pokok. Sedangkan untuk guru non PNS, besaran TPP ditetapkan Rp 1,5 juta per orang per bulan. Tujuan dari pemberian TPP ini untuk peningkatan kesejahteraan guru, melalui peningkatan profesionalisme mengajar.

Tahun ini, diperkirakan guru yang berhak menerima TPP berjumlah 746.700 orang. Dalam postur APBN 2012, uang yang disipakan untuk pembayaran TPP ini mencapai sekitar Rp 30 triliun. Jumlah ini naik sebesar Rp 12,1 triliun dibandingkan dengan APBN-P 2011. (wan/datapendidik)

Artikel Terkait

61 komentar:

Anonim mengatakan...

http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/21.gif

Anonim mengatakan...

asyikkk berarti jadi ya tanggal 22 april cair!!hmmmmm>>>..

Taufik sandra wicaksono mengatakan...

tp ini sudah tgl 26 knp belum cair di daerah magetan,jawatimur

Anonim mengatakan...

Pak Menteri tolong dicatat kabupaten bogor selalu telat dalam pencairan tunjangan sertifikasi maupun dana BOS. Selalu tidak ada kepastian pasa sekarang ini. Untuk lebih menghindari penyalahgunaan anggaran alangkah baiknya tunjangan sertifikasi bersamaan dengan gaji pada awal, pertengahan atau akhir bulan bulan. Semoga menjadi bahan perimbangan. Terima kasih.

Anonim mengatakan...

Di Satu sisi guru dituntut untuk profesional tetapi di sisi lain pengurusan tunjangan sertifikasi tidak profesional. Kami seperti pengemis menunggu tunjangan cair, kami merasa dipermainkan. Kalau begini terus.... lebih baik urusan pendidikan ambil alih oleh pemerintah pusat karena pemerintah daerah tidak ada niat untuk memajukan pendidikan yang ada hanya mencari keuntungan sebesar-besarnya......

Anonim mengatakan...

Inilah buah dari partai politik.... siapa yang menang menempatkan kader-kadernya di tempat basah... mending kalau latar belakangnya sesuai... tapi yang terjadi bukan orang pendidikan ditempatkan di dunia pendidikan.... jadi tidak tahu apa yang harus dikerjakan coba kalau orang ahli pendidikan tentu tidak akan terjadi hal seperti ini....

Anonim mengatakan...

Kapan ya kabupaten bogor mencairkan tunjangan sertifikasi? sekarang sudah tanggal 28 April... tapi belum ada tanda-tanda akan cair. Padahal dananya sudah ditransfer dari pusat koq belum cair juga ya? ada apa dengan kabupaten bogor? Pak Menteri tahu ga ya? apa harus ada demo dulu.... ? baru bisa cair.... ?

Anonim mengatakan...

Duh... ga kebayang negeri ini kalau ga ada guru... ga akan ada yang jadi pejabat tuh... tapi koq uadh jadi pejabat lupa sama guru ya... ? hak guru koq dimainin... awas kualat tuh....

Anonim mengatakan...

Mohon maaf..!Tidak baik menunda-nunda pekerjaan dan tidak baik pula menunda-nunda HAK orang lain !, Uang sertifikasi guru di Kab.Tangerang mohon segera cairkan !

Anonim mengatakan...

Janji awal april tunjangan sertifikasi dibayarkan.... tapi sampai tanggal 6 Mei belum juga cair... Bagaimana ini.......... ????

Anonim mengatakan...

Pa menteri, mohon di periksa lagi...disdik kota cirebon sampai dengan 8 mei 2012 tpp sertifikasi belum juga cair. Dan kota cirebon selalu telat saja. Kenapa????

Anonim mengatakan...

selamat menikmati tunjangan sertifikasi,tp kenapa bogor dah minggu ke 2 di bln Mei ini belum jg ada?

Anonim mengatakan...

asik dana belum cair guru non pns jadi sengsara itu ibarat air mengalir kebawa tapi pintu air belum dibuka ya Allah sudah tidak masuk K2 dana yang ditunggu juga masih menunggu dan menunggu ....

MKPS pangkalpinang mengatakan...

Di Indonesia berbohong,korupsi,dll yang sejenis sudah biasa,sampai tgl 11 Mei 2012 SK Tunjangan Profesi/sertifikasi belum muncul untuk SMA,SMK ,apakah seIndonesia.Jadi tidak ada kamus cepat dalam pergaulan orang indonesia,kecuali cepat demo,cepat mati mungkin karena bencana,mudah-mudahan kawan pak Menteri pendidikan dan Kebudayaan mendengar keluhan kita,trima kasih

Anonim mengatakan...

hidup pak menteri....cairkan Tunj.sertfks 3 bulan...pada blan April per tri wulan..tidak perlu terlambat....hidup...pak menteri ...tetapi sayang pak menteri NGOMONGNYA DALAM TEMPAYAN smbil ngumpet..jadi ga tau di luarnya....BAGAIMANA ...

Anonim mengatakan...

KEMENDIKBUD YANG PUNYA RENCANA...
KEMENDIKBUD YANG PUNYA PROGRAM...
KEMENDIKBUD YANG PUNYA HAJAT...UNTUK MENSEJAHTERAKAN GURU....MAKA DIBUATLAH SKEMA SERTIFIKASI GURU...ALHAMDULILLAH BERJALAN LANCAR...TAPI BEGITU PENCAIRAN ....
KEMENDIKBUD YANG LANTANG...
KEMENDIKBUD YANG MALANG...KARENA ..
KEMENAGAMA...YANG LEBIH LANCAR dan ADEM AYEM....
NASIB...NASIB....

tony mengatakan...

Yah..menteri khan ngomongnya gampang. Tapi dia ga lihat bagaimana kondisi di lapangan.
Guru bener bener pahlawan tanpa tanda jasa.
Koruptor merajalela....

sekali sekali pak menteri harus turun ke lapangan, jangan hanya duduk dikantor.
Dengerin KELUHAN PARA guru.....

CAIRKAN SEGERA Dana Sertifikasi.
Kalau tidak, KPK siap bertindak.

Anonim mengatakan...

duh.... cape ya nunggu TPP belum cair juga...!!! Apa harus DEMo dulu ya TPP baru cair? masa sih guru harus demo...??? Tapi pejabatnya ga ngerti-ngerti ya...???

Anonim mengatakan...

Kemana ya suara PGRI koq diam aja....!!! Apa ga berani ya memperjuangkan hak-hak guru...??? bisanya cuma mungut iuran aja ya...??? kasian deh... guru-guru....

WAROENG INFO mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
WAROENG INFO mengatakan...

Lagi-lagi diskrminasi terjadi di negeri ini. Guru Non PNS sepertinya masih di "anak tirikan", padhl tugas dan kewajibannya sama dgn Guru PNS bahkan kdang lebh berat. Nunggu uang pencairan sj ktnya nunggu guru PNS dulu, hebat ya gmna APBN gk tambah bengkak aja ya, he3... pdhl gaji guru PNS udh cukup besar2. sepertinya negeri ini hanya untuk para PNS saja. Padahl diakui atau tidak Guru non PNS memiliki kontribusi besar terhadap dunia pendidikan di negeri ini. PGRI saja sepertinya lebh focus ke guru PNS padahal eksistensi guru Non PNS tidak bisa dipandang sebelah mata... Sabar..sabar..sabar. Untuk Guru PNS selamat yaa.

first61 mengatakan...

Allhamdulillah..,sertifikasi di Pemkot Tegal tlah cair 2 bulan sejak tgl 16 mei, mudah2an kekurangannya segera dibayarkan....,

anto2012 mengatakan...

kapan tpp kab sidoarjo cair? tak tunggu2

anto2012 mengatakan...

kapan tpp kab sidoarjo cair? tak tunggu2

abd. wahab mengatakan...

Sekarang tgl.23 Mei Besuk 24 lusa 25 trus..trus.....menunggu...menunggu...menungguuuuuuuu.....sampek tuwek....

san-san mengatakan...

janji ...janji...tinggal janji...tunjangan tepat waktu hanya mimpi.....kabupaten malang jg blm cair....kita senasib.....

Anonim mengatakan...

komentar apapun pak menteri nggak dengar nggak melihat kok klo banyak di daerah pencairan tunjangangan sertifikasi banyak yang terlambat,percuma kita berteriak.

yudipianist mengatakan...

Pak Menteri... Alhamdulillah Kab.Bogor sudah mencairkan TPP hari ini Rabu tgl 30 Mei 2012. Tapi kami menunggu untuk TW 2. Mudah-mudahan tidak terlambat lagi karena pada bulan Juli kami memerlukan biaya untuk masuk sekolah anak-anak kami

yudipianist mengatakan...

Tapi... Pak Menteri... evaluasi penyaluran TPP tetap harus dilakukan.... jangan sampai karena sudah cair masalah selesai. Harus dicari solusi terbaik agar TPP TW 2 tidak terlambat. TW 1 cairpun karena guru-guru sudah teriak... tapi kalau tidak teriak belum tentu cair tuh...

Anonim mengatakan...

oh pak menteri tolong kami uang sertifikasi diharapkan membiayai uang sekolah / kuliah anak tak kunjung datang . Masak kabupaten malang 2011 belum menerima . Dimanakah gerangan PGRI Malang . Nasib jadi malang beneran

FAJAR AKBAR mengatakan...

yg 1 bulan saja ngga ada kabar apa lagi yg bartu uh nasib

FAJAR AKBAR mengatakan...

yg satu bulan ( DESEMBER 2011 ) RAIB NTAH KEMANA ? TOLONG PAK MENTRI kemana larinya uang itu ????

FAJAR AKBAR mengatakan...

Kemana suara PGRI ???????

Anonim mengatakan...

Pak Menteri, tolong dicatat... Kabupaten Ende - NTT selalu terlambat pembayaran tunjangan sertifikasi. Untuk diketahui kekurangan tunjangan sertifikasi 2011 sampai dengan saat ini belum dibayar.Semoga menjadi bahan pertimbangan. Terim kasih.

Anonim mengatakan...

Pak. untuk diketahui bersama bahwa tunjangan sertifikasi Guru-guru Kemenag Provinsi Riau khususnya kabupaten Rokan Hulu juga sampai saat ini belum cair. kami sangat menantikan info terbarunya... terima kasih

Anonim mengatakan...

kapan tunjangan sertifikasi di palangka raya untuk tahun 2012 di cair kan ngerasain uang dari sertifikasi aja belum sama sekali,,,padahal uang tersebut udah di tunggu-tunggu untuk pembayaran kuliah dan sekolah anak,,,,jadi mohon kebijakan dari kemendikbud agar tidak ada lagi keterlambatan,,,

Anonim mengatakan...

ya aku setuju pendapatmu kawannnnnnnnnnnnn...........

Anonim mengatakan...

ya aku setuju pendapatmu kawannnnnnnnnnnnn...........

Anonim mengatakan...

KAWAN GURU2 KAB BANYUWANGI APA GK TANGGAP YA BAHWA TPP 2012 SENGAJA DI ULET2 KAN BUNGANYA BANYAK JUGA...........TAPI INGAT HAK GURU2 SOBAT.

Anonim mengatakan...

sudah masuk bulan juli,, akan tetapi pencairan untuk 2012 ini belum terealisasi,, harusnya sudah tahap ke dua,, mamang benar2 jadi lahan korupsi ini,,, (di kabupaten mandailing natal)

Anonim mengatakan...

sebenarnaya pengaduan resmi nya kemana,,,?? dar dulu kita berkoar - koar disetiap link tidak tercapai solusi yang tepat,,,
( kenapa selalu guru di no 3 kan???)

Anonim mengatakan...

sebenarnya bagaimana cara kerja mereka....?????!!!!~x(

Anonim mengatakan...

wwaaaauuuuu .....sampai kapan kuharus menunggu???????????

Anonim mengatakan...

sampai bulan juli 2012 ternyata g cair juga.....gmn realitanta.

Anonim mengatakan...

sampai awal agustus, tunjanagan sy di kab bogor, parung belum cair.....kmn ya itu uangnya?

Anonim mengatakan...

sampai saat ini oktober berita sertifikasi yang nyangkut belum jelas.sudah komfirmasi dengan dinas setempat ,eee..... malah di buat pingpong ke bank ,dr bank k dinas, dinas ke bank teruuus begitu...sebenarnya siapa sih yang bertanggung jawab dalam al ini, apa yang bersangkutan harus mengurus sendiri k direktorat......wau capek deh

Anonim mengatakan...

Ass. Wr. Wb.
Semoga diberkahi oleh Allah/Tuhan/Yang Maha Kuasa
PARA PEJABAT DINAS PENDIDIKAN YANG MEMBELA GURU PNS/NON PNS DAN SMOGA DAPAT LAKNAT/MUSIBAH/PENYAKIT YG GA SEMBUH-SEMBUH/TERTABRAK BAGI YANG TEGA KEPADA KESUSAHAN GURU PNS/NON PNS

Anonim mengatakan...

WAHAI PARA PEJABAT DINAS PENDIDIKAN KHUSUSNYA PARA OKNUM
CPAT TOBAT SEBELUM DAPAT LA'NAT DARI TUHAN

Anonim mengatakan...

NON PNS KABUPATEN TANGERANG
MEMPRIHATINKAN

Anonim mengatakan...

mudah2an ada kebaikan bagi semua pihak

Anonim mengatakan...

Kalau boleh nanya kenapa ya...guru honor diskolah negeri tdk dapat ikut sertifikasi hanya krena bukan sk bupati, bgaimna klau ngga ada sk bupati ngga ikut2 dong yg nmax sertifikasi...?????

par lan mengatakan...

tpp di Banyuwangi 2012 cair 5 bln jan s.d mei saja

Anonim mengatakan...

TPP Sergur kemenag kab Gresik kuota 2011 kok belum pernah cair sama sekali,terlalu dan sangat memprihatinkan.

Anonim mengatakan...

kemenag Jateng guru yg dinyatakan lulus sertfikasi 2011 dan sudah menerima sk berlaku sejak januari 2012 sampai Januari 2013 belum pernah menerima sepeserpun artinya kemenag tidak prof klo turun dr bbrp saksi minta upeti kayak gini koq sering gembar gembor ngaji ngibadah sodakoh tapi sukanyq malak dan hak guru 1 tahun tidak juga segera diberikan......

Anonim mengatakan...

Kemenag Kab.Kuningan pun sama,untuk yg lulus PLPG per Desember 2011 smpai skarang blum bsa d cairkan,pdahal yg PNS dan yg mengajar d sekolah Negeri sudah cair sejak November 2011........yang saya tahu,para pegawai kemenag adalah orang2 yg notabene pintar dalam teori tentang agama tpi prakteknya NOL besar.......tidak punya nurani sama sekali........ALANGKAH LUCUNYA NEGERI INI..........

Anonim mengatakan...

Kemenag NTT katakan kalau pencairan dana sertifikasi bagi guru yang baru lulus plpg 2012, baru akan dicairkan juni 2014, loh... ini gimana, apakah kami tidak ngajar selama 2013?
Pertanyaannya, Apakah benar informasi ini? Ataukah ada spekulasi dari NTT?
Tolong informasinya pak Menteri!!!

Anonim mengatakan...

Hm...114 guru SMA dan SMK kabupaten banyuwangi, yang telah lulus sertifikasi 2011 hingga saat ini belum menerima TPP sama sekali. mohon kami sedikit diberi penjelasan. tq

Anonim mengatakan...

tenang gan....3 minggu yang lalu, pak Anas Bupati Banyuwangi dan pak Sulih Kadinasnya berjanji akan mencairkan TPP para guru SMA/SMK yang tersertifikasi 2011 dalam waktu dekat. percayalah Bupati kita dan Kadinas kita bukan pembohong kok, toh khan masih 13 bulan yang belum cair.

Anonim mengatakan...

Program pemerintah, tapi terima kok berbeda-beda. Malah ada pimpinan bilang bahwa untuk pencairan thn. 2012 hanya 10 bulan tanpa menunjukkan dasar hukum tertulis. Apa untuk pencairan sisa 2 bln guru harus demontrasi dulu, lalu apa kegiatan PGRI dalam memperjuangkan guru ?????

Anonim mengatakan...

Di KOTA TEGAL,sampai detik ini 5 mei 2013,dana sertifikasi belum masuk rekening yang berhak,padahal daerah lain sudah mulai pencairan,bersabar saja itu cara terbaik,

Anonim mengatakan...

Pa bagaimn dgn pencairan dana bulan nopember dan desember 2012 utk kab TTS porp NTT sampai saat ini blm di bayarkan apa kendalanya n knp ko tahap pertama thn 2013 sdh dibayarkan.

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Pengunjung Mohon Meninggalkan Jejak Untuk Silaturrahmi Balik.

 

Tamu Kampung Inggris

Traffic Pidato Inggris

Komentar Terbaru Sobat Setia Muhamad Ali Saifudin

All right reserved Muhamad Ali Saifudin is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com