Foto Saya
Muhamad Ali Saifudin
Guru Bahasa Inggris SMKN Darul Ulum Muncar, Menginspirasi Guru, Memotivasi Siswa, Mencintai Cinta. Dari Ujung Timur Pulau Jawa, Wringinputih Muncar Banyuwangi.
Lihat profil lengkapku

Selamat Datang di Weblog Muhamad Ali Saifudin *)

Penulis berusaha menyajikan berbagai informasi tentang Pendidikan, Belajar Bahasa Inggris, Informasi SMK, NUPTK, Sertifikasi Guru, Wisata, Tips dan Trik. Motto Penulis "Yang Abadi adalah Perubahan dan yang Pasti adalah Ketidakpastian, Siapa yang tidak Berani Berubah tidak akan Memiliki Kepastian".

Copy Paste artikel Tips Trik Wisata Belajar Pidato Bahasa Inggris SMK dalam blog ini boleh asal:

1). Memuat nama penulis Muhamad Ali Saifudin.
2). Menyertakan alamat http://muhamadalisaifudin.blogspot.com ke sumber artikel yang ditulis
.
3). Kritik dan Saran Tips Trik Wisata Belajar Pidato Bahasa Inggris SMK Klik Disini
*) Muhamad Ali Saifudin tinggal di http://muhamadalisaifudin.blogspot.com

Rabu, 15 September 2010

Reuni Akbar Alumni SMKN Darul Ulum Muncar

. Rabu, 15 September 2010
Reuni Akbar Alumni SMK Negeri Darul Ulum Muncar 
Angkatan 2006, 2007, 2008, 2009, 2010
Oleh Muhamad Ali Saifudin *)

Muhamadalisaifudinews-Akhirnya Reuni Akbar Alumni SMK Negeri Darul Ulum yang benar-benar akbar dapat terlaksana di halaman SMK Negeri Darul Ulum Muncar pada Rabu, 15 September 2010 M bertepatan dengan 6 Syawal 1431 H. Reuni SMK Negeri Darul Ulum Muncar dihadiri oleh para Alumni mulai dari angkatan pertama tahun 2006, 2006, 2008, 2009 dan 2010. SMK Negeri Darul Ulum Muncar yang berdiri pada tahun 2003 sudah 'menelorkan' lulusan sebanyak 803 alumni.

Dari daftar hadir yang disediakan oleh Panitia Reuni SMKNDU Muncar, jumlah alumni yang hadir pada acara tersebut sebanyak 435 alumni. Meskipun yang hadir hanya setengah dari jumlah total alumni, hal ini merupakan sinyal yang cukup bagus bagi sekolah untuk menyelenggarakan acara serupa ke depan karena acara Reuni ini masih perdana.

Pada awal acara yang dimulai tepat pukul 08.30 WIB, dipandu oleh MC, M. Alfan Fauzi (Alumni TMO 2008) dan Lailiya Zulfa NA (Alumni TKJ 2009) alumni yang hadir masih sekitar 40 orang. Melihat jumlah Alumni yang hadir hanya beberapa orang saja, Ketua Panitia Reuni M. Tamim Fauzan terlihat gelisah dan mondar-mandir, terbersit raut muka yang agak galau dan sedih.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Alquran yang dibacarakan oleh Ulfatul Maghfiroh, Alumni Jurusan TKJ 2006 dan sari tilawah oleh Anis Kurlila, Alumni Jurusan TKJ 2010. Dilanjutkan dengan acara Sambutan Panitia Reuni Akbar SMKNDU Muncar oleh Ketua Panitia, M. Tamim Fauzan. Dalam sambutannya, M. Tamim Fauzan mengatakan bahwa Acara Reuni Akbar Keluarga Besar Alumni SMK Negeri Darul Ulum Muncar semata-mata hanyalah ingin menyatukan kembali Para Alumni SMKNDU Muncar yang saat ini sudah mencapai 803 orang yang sudah tersebar ke seluruh Indonesia bahkan dunia.

Seluruh Alumni SMKNDU Muncar ingin menggali memori kenangan masa-masa di SMKN Darul Ulum Muncar, masa ketika SMK Negeri Darul Ulum masih 'apa adanya', masih mencari jatidiri. Alhamdulillah SMK Negeri Darul Ulum Muncar saat ini sudah 'apa-apa ada'. Semoga hal ini dapat menjadi kebanggaan tersendiri bagi para Alumninya, tegasnya.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Reuni, M. Tamim Fauzan menegaskan bahwa tema Reuni Akbar Alumni SMK Negeri Darul Ulum Muncar adalah "Temuning Kanca Lami Agawe Rukuning Sesami lan Saduluran" yang artinya " Dengan Berkumpulnya Seluruh Alumni dapat menjalin Kerukunan dan Persaudaraan Semua".

Tepat pukul 09.10 WIB, acara dilanjutkan dengan sambutan Kepala Sekolah oleh Bapak Drs. Achmad Chusairi. Dalam sambutannya, Bapak Drs. Achmad Chusairi menyampaikan bahwa acara Reuni Keluarga Besar SMKN Darul Ulum Muncar ini patut untuk dilanjutkan. Salah satu keuntungan diselenggarakannya Reuni Alumni SMKNDU Muncar dapat menjadi tempat berbagi bagi seluruh Alumni, dan juga menjadi sarana untuk Penelurusan Tamatan/ Alumni.

"Membawa nama baik SMKN Darul Ulum Muncar adalah wajib bagi para Alumni dimanapun berada, Mempunyai budi pekerti yang baik jangan Adigang, Adigung, Adiguna, Ojo Rumongso Iso tapi Iso Rumongso (baca 'Jangan Suka Merasa Pintar, tapi harus bisa Menghargai Sesama'), Iso Ngongkon Kudu Iso Ngelakoni (artinya 'Bisa Menyuruh harus Bisa Melakukan')" tegas beliau dengan bahasa Osing Banyuwangen yang sangat kental.

Wakil Alumni TMO angkatan 2008, Sugiantoro, yang saat ini menjadi Guru Otomotif di SMK Puspa Bangsa Cluring pada sambutan berikutnya mengatakan "Meskipun Alumni sudah menjadi 'orang' jangan sekali-kali melupakan jasa Bapak/ Ibu Guru SMK Negeri Darul Ulum Muncar yang telah mendidik dan mengajar serta telah memberikan seluruh kemampuannya untuk kesuksesan kita semua".

Sambutan Wakil Alumni SMKNDU Muncar berikutnya diwakili oleh Budi Siswanto, Alumni Jurusan TMO angkatan 2007 yang saat ini bekerja di Bali sebagai teknisi di beberapa hotel dan vila. Dalam sambutannya Budi Siswanto mengatakan bahwa bertemunya Alumni SMK Negeri Darul Ulum dalam Forum Silaturrahmi Alumni SMKN Darul Ulum Muncar dapat menjadi ajang untuk saling membantu sesama Alumni SMKNDU Muncar, terutama bagi yang sudah bekerja dapat mengajak atau menginformasikan kepada Para Alumni SMKN Darul Ulum Muncar yang belum mendapat pekerjaan.

Acara yang terakhir pada Reuni Akbar Keluarga Besar SMK Negeri Darul Ulum Muncar diisi dengan Mauidhoh Hasanah oleh Bapak, Drs. Yuskardiman, MM, the Founding Father, Kepala Sekolah Pertama SMK Negeri Darul Ulum Muncar periode 2003 s.d. 2007. Dalam Tutur Bapak Drs. Yuskardiman, MM lebih banyak mengupas tuntas tentang sejarah SMK Negeri Darul Ulum Muncar yang berdiri pada tahun 2003.

"SMK Negeri Darul Ulum Muncar dahulu, mengawali ceritanya, merupakan sebuah perjuangan yang sangat panjang. Awal berdirinya SMKNDU Muncar berasal dari adanya program SMK KK (Sekolah Menengah Kejuruan Kelas Jauh) atau sekarang SMK Kecil yang dapat bekerja sama dengan SMP atau Pondok Pesantren.

"Konsep awal SMK Negeri Darul Ulum adalah PLS (Pendidikan Luar Sekolah) yang kebetulan saat itu istri Bapak Yuskardiman, Ibu Yuskardiman menjadi penanggungjawab PLS untuk wilayah Banyuwangi. Gayung bersambut, Pesantren Manbaul Uluum Berasan Wringinputih Muncar, yang saat itu diwakili oleh Drs. HM. Wahidin siap untuk memfasilitasi berdirinya SMK Kecil di tanah Pesantren Manbaul Uluum Berasan" jelas Bapak Yuskardiman.

Singkat cerita, Akhirnya SMK Kecil Darul Ulum Muncar berdiri lingkungan Pesantren Manbaul Uluum Berasan yang berfilial langsung ke SMK Negeri 1 Glagah. Meskipun penuh onak dan duri, dengan berbagai daya dan upaya, Penerimaan Siswa Baru SMK Kecil Darul Ulum Muncar pada Tahun Pelajaran 2003/ 2004 dapat dilaksanakan dengan menggunakan fasilitas gedung yang ada di MA dan MTs Darul Ulum Muncar dengan membuka 2 Program Keahlian, Otomotif dan Komputer (TMO dan TKJ), tegas beliau dengan semangat.

"Jasmerah (Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah), tetap jaga nama baik sekolah dimanapun berada dan tetap bekerja yang baik" pesan terakhir Bapak Yuskardiman kepada Alumni SMKNDU Muncar yang hadir.

Mauidhoh Hasanah yang terakhir diisi oleh Muhrojin, Alumni Jurusan TKj angkatan tahun 2008 yang saat ini 'nyantri' dan kuliah di Surabaya. Dalam pidatonya, Muhrojin menekankan Sebaik-baik manusia adalah yang ilmunya bermanfaat bagi orang lain. Hendaknya ilmu yang diperoleh selama belajar di SMK Negeri Darul Ulum Muncar dapat dimanfaatkan untuk masyarakat yang membutuhkan.

Otak boleh teknologi tapi hati harus tetap santri. Dimanapun Para Alumni SMK Negeri Darul Ulum berada, baik di dunia maupun di luar angkasa harus tetap menjaga almamater dan menghormati guru, tandasnya.

Acara Pertemuan Reuni Akbar SMK Negeri Darul Ulum Muncar diakhiri dengan doa yang dipimpin langsung oleh Guru Agama SMKN Darul Ulum Muncar, Bapak Drs. Jamrozi.

Acara dilanjutkan dengan bersalam-salaman dan ramah tamah, Bapak/ Ibu guru dan Seluruh Alumni SMKNDU Muncar dan Foto bersama Bapak Guru dan Alumni SMKN Darul Ulum Muncar.

Alhamdulillah, Pertemuan Reuni Akbar SMKNDU Muncar dapat berjalan dengan sukses dan lancar. dan Alumni yang hadir sampai akhir acara pukul 11.00, sesuai dengan daftar hadir yang disediakan panitia sejumlah 435 orang. Hal yang cukup membanggakan tentunya. Semoga Pertemuan Reuni Alumni SMK Negeri Darul Ulum dapat dilaksanakan pada tahun-tahun berikutnya.

Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu suksesnya acara Pertemuan Reuni Akbar SMKNDU Muncar, kepada Panitia Reuni, Bapak/ Ibu Guru SMKNDU Muncar, Alumni, Siswa dan Simpatisan dan Pendukung Acara dari Anggun Sound System, Pikko Net, Multikom, dll.

Foto by Helmi Abadi

Artikel Terkait

2 komentar:

dikri mengatakan...

salam buat sahabat-sahabat tmo2 2009.. smoga sukses di manapun kalaiam berada

M khanief Rosyadi mengatakan...

yachhh,.. pak saya koq gk dpat undangan,..? ketinggalan donk,...!!! ada reuni lagi kapan pak.,.,?:)]

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Pengunjung Mohon Meninggalkan Jejak Untuk Silaturrahmi Balik.

 

Tamu Kampung Inggris

Traffic Pidato Inggris

Komentar Terbaru Sobat Setia Muhamad Ali Saifudin

All right reserved Muhamad Ali Saifudin is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com