Foto Saya
Muhamad Ali Saifudin
Guru Bahasa Inggris SMKN Darul Ulum Muncar, Menginspirasi Guru, Memotivasi Siswa. Dari Ujung Timur Pulau Jawa, Wringinputih Muncar Banyuwangi.
Lihat profil lengkapku

Selamat Datang di Weblog Muhamad Ali Saifudin *)

Penulis berusaha menyajikan berbagai informasi tentang Pendidikan, Belajar Bahasa Inggris, Informasi SMK, NUPTK, Sertifikasi Guru, Wisata, Tips dan Trik. Motto Penulis "Yang Abadi adalah Perubahan dan yang Pasti adalah Ketidakpastian, Siapa yang tidak Berani Berubah tidak akan Memiliki Kepastian".

Copy Paste artikel Tips Trik Wisata Belajar Pidato Bahasa Inggris SMK dalam blog ini boleh asal:

1). Memuat nama penulis Muhamad Ali Saifudin.
2). Menyertakan alamat http://muhamadalisaifudin.blogspot.com ke sumber artikel yang ditulis
.
3). Kritik dan Saran Tips Trik Wisata Belajar Pidato Bahasa Inggris SMK Klik Disini
*) Muhamad Ali Saifudin tinggal di http://muhamadalisaifudin.blogspot.com

Jumat, 23 April 2010

Seperempat Penduduk Bumi Muslim

. Jumat, 23 April 2010
LONDON - Satu dari empat penduduk dunia adalah muslim. Indonesia menempati peringkat satu dengan jumlah muslim terbanyak di seluruh dunia. Laporan itu disampaikan Pew Forum on Religion and Public Life setelah melakukan penelitian, survey, dan mengkompilasi data selama tiga tahun dari 232 negara serta teritori di seluruh dunia. Setidaknya 1,57 miliar populasi muslim dari seluruh dunia diperkirakan 60 persennya berada di benua Asia. Sedangkan 20 persen berada di Timur Tengah dan Afrika Utara.

"Jika dunia hendak menciptakan pengertian yang lebih baik antara AS dan dunia muslim, kini kita harus fokus pada wilayah selatan dan Asia Tenggara bukannya Timur Tengah," ungkap Brian Grim, peneliti senior Pew Forum on Religion and Public Life, lembaga survei Amerika kepada CNN, Kamis (8/10).

Seluruh data menggunakan 1.500 sumber berbeda. Termasuk laporan dari sensus, demografi, dan survei populasi secara umum. Data diambil dari sensus data nasional dan survei berdasarkan pertumbuhan populasi di setiap negara. "Ide yang mengatakan muslim adalah Arab dan Arab adalah Muslim musnah sudah berdasarkan laporan ini," ujar Amaney Jamal, asisten profesor politik di Princeton University seperti dilansir BBC.

Penelitian itu menghasilkan daftar sepuluh negara dengan penduduk muslim terbanyak. Mulai dari peringkat teratas yaitu Indonesia dengan total umat muslim sebanyak 202.867.000 jiwa. Negeri Zamrud Khatulistiwa itu dikenal dengan 88,2 persen penduduknya muslim. Kemudian disusul oleh Pakistan di posisi kedua, India ketiga, Bangladesh keempat.

Berikutnya, berturut-turut Mesir, Nigeria, Iran, Turki, Aljazair, dan Maroko di peringkat kelima hingga kesepuluh. Maroko 99 persen penduduknya muslim, dengan total 31.993.000 pemeluk Islam. "Secara keseluruhan jumlahnya lebih tinggi daripada yang saya perkirakan," imbuh Grim seperti dirilis BBC.

Selain itu muncul pula daftar populasi Muslim berdasarkan komposisi benua. Kawasan Asia Pasifik menempati posisi pertama dengan total 61,9 persen. Posisi kedua ditempati Timur Tengah hingga Afrika Utara dengan persentase 20,1 persen. Disusul oleh Sub Sahara Afrika 15,3 persen, Eropa 2,4 persen, dan Amerika 0,3 persen. "Persentase komunitas Muslim dunia di Timur Tengah semakin mengecil," tutur Grim seperti dilansir CNN.

Grim juga menyampaikan bahwa sembilan dari sepuluh Muslim di seluruh dunia adalah Sunni. Dan satu dari sepuluh Muslim itu adalah Syiah. Persentase tepatnya adalah Sunni 87-90 persen dan Syiah dengan persentase 10-13 persen. Sebagian besar Syiah diperkirakan berada di Iran, Pakistan dan India.

Lembaga survei tersebut juga mendapatkan data yang tidak pernah disangka sebelumnya. Lebih dari 300 juta umat Islam tinggal di negara dimana Islam bukanlah menjadi agama mayoritas. Satu dari lima muslim di dunia ternyata tinggal di negara minoritas muslim. "Dalam penelitian ini muslim berada di beberapa negara yang bukan dikenal sebagai negara Muslim sama sekali," tutur Alan Cooperman, direktur kerjasama penelitian Pew Forum kawasan India, Rusia dan Tiongkok.

Contohnya jumlah Muslim di Jerman ternyata lebih banyak daripada di Lebanon. Begitu juga Muslim di Rusia yang lebih banyak daripada di Yordania dan Libya. Serta Muslim Jerman lebih banyak daripada di Lebanon. India sebagai negara yang dikenal mayoritas Hindu juga memiliki pemeluk Islam terbanyak daripada negara lain-kecuali dibandingkan dengan Indonesia dan Pakistan. Dan, dua kali lebih banyak daripada di Mesir. Serta umat Islam Tiongkok yang lebih banyak daripada di Syria. (cak/ami)
Sumber; http://www.jpnn.com

Artikel Terkait

2 komentar:

erwin mengatakan...

goodhttp://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/100.gif

adji mengatakan...

Syukron mas infonya semoga bermanfaat dan terus berkarya. amiin

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Pengunjung Mohon Meninggalkan Jejak Untuk Silaturrahmi Balik.

 

Tamu Kampung Inggris

Traffic Pidato Inggris

Komentar Terbaru Sobat Setia Muhamad Ali Saifudin

All right reserved Muhamad Ali Saifudin is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com